Debat Publik Tentang Teknologi Masa Depan

45

MARK Zuckerberg, CEO Facebook mengumumkan bahwa ‘tantangan personal’ tahunannya untuk 2019 ialah menjadi tuan rumah terkait serangkaian bincang publik mengenai peran Facebook di masyarakat.

Dilansir Telegraph, Rabu (9/1/2019), pendiri Facebook ini ingin melibatkan lebih banyak melalui debat tentang teknologi masa depan. Ia juga ingin menempatkan dirinya di sana lebih banyak ketimbang sebelumnya.

Tantangan ini tampak berbeda dengan tujuan Zuckerberg di 2018, yakni ‘memperbaiki’ masalah Facebook terkait ujaran kebencian, campur tangan pemilu dan lainnya. Mark Zuckerberg mengakui bahwa jejaring sosial memiliki “banyak pekerjaan yang harus dilakukan”.

“Ada begitu banyak pertanyaan besar tentang dunia yang ingin kita tinggali dan tempat teknologi di dalamnya,” kata Zuckerberg dalam sebuah posting di halaman Facebook pribadinya pada Selasa malam.

“Tantangan saya untuk 2019 adalah menjadi tuan rumah serangkaian diskusi publik tentang masa depan teknologi di masyarakat – peluang, tantangan, harapan, dan kecemasan,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa di masa lalu dirinya membiarkan ide dan produknya “berbicara sendiri”. Akan tetapi ini dinilai tidak cukup baik, mengisyaratkan bahwa dia akan lebih jujur dalam membela Facebook dari para kritikusnya. (C-003/ahl)***