Jumlah Pasien Dbd Di Rshs Meningkat 5 Kali Lipat

6

Jumlah pasien demam berdarah dengue atau dbd yang dirawat di rumah sakit hasan sadikin bandung, meningkat lima kali lipat dibandingkan januari tahun 2018. umumnya pasien berasal dari bandung raya.

Berdasarkan data rumah sakit hasan sadikin bandung, jumlah pasien demam berdarah dengue yang dirawat di rshs selama januari 2019 meningkat lima kali lipat dibandingkan januari 2018. pada 2018, rata-rata jumlah pasien mencapai 8 hingga 11 orang perbulan, sedangkan pada januari 2019 hingga tanggal 24, sudah ada 53 pasien dbd yang dirawat di rshs bandung.

Menurut kepala divisi infeksi ksm anak rshs, dokter djatnika setiabudi, lonjakan ini terjadi karena di musim hujan seperti saat ini, nyamuk aides agepty mudah berkembang biak. masyarakat pun diharapkan melakukan pencegahan 3 m, yaitu menguras, menutup, dan mengubur tempat penampungan air setidaknya seminggu sekali, ditambah upaya lain seperti memelihara ikan pembunuh nyamuk.

Sementara itu, menurut gubernur jawa barat, ridwan kamil, dirinya sudah menyiapkan edaran agar seluruh daerah memastikan sumber-sumber yang berpotensi menjadi sarang penyakit untuk diantisipasi, melakukan fogging, hingga mengedukasi masyarakat untuk menjadi proaktif menghadapi dbd. dirinya pun belum menetapkan jabar siaga dbd.

Demam berdarah dengue memiliki gejala panas tinggi lebih dari 2 hari secara mendadak. jika demam tinggi terus menerus, perlu diwaspadai penderita terjangkit dbd. menurut dokter djatnika, kondisi kritis dbd ditandai dengan menurunnya suhu namun tubuh masih lemah dan nyeri perut bertambah. jika penderita mengalami gejala kritis tersebut, harus segera dibawa ke igd.

Budi hartati, bandung tv.