Sebuah Sekolah Negeri Di Cianjur Berlantaikan Tanah

36

Sudah bertahun-tahun, para siswa sebuah sekolah dasar negeri di kabupaten cianjur, harus belajar beralaskan tanah dengan kondisi bangunan rusak. para siswa juga sering batuk akibat debu dari lantai. selain itu, saat musim hujan, atap bangunan sekolah bocor.

Beginilah kondisi sdn campakawangi di desa gandasari, kecamatan kadupandak, kabupaten cianjur. selama puluhan tahun, sekolah ini berlantaikan tanah. dinding bangunan sekolah sudah tidak layak dan rusak.

Lima puluh sembilan murid sekolah ini pun terpaksa belajar tanpa pembatas ruangan. selain itu, dua ruangan kelas dipakai belajar secara bergantian dengan murid lainnya.

Selama belajar beralaskan tanah, para siswa siswi sulit berkonsentrasi, karena tidak merasakan nyaman belajar mengajar di dalam kelas. selain itu, para siswa-siswi sering batuk usai pulang sekolah, akibat debu dari lantai tanah. jika hujan dan angin kencang, pihak sekolah terpaksa menghentinkan proses belajar mengajar, karena takut gedung roboh.

Menurut orang tua murid, kebanyakan para siswa di sekolah ini batuk-batuk usai pulang sekolah, karena debu dari lantai. orang tua dan guru berharap, ada perhatian dari pemerintah pusat dan pemda cianjur, untuk segera memperbaiki bangunan sekolah ini.

Sementara itu, menurut kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten cianjur, oting, sebelumnya dari data laporan para kepala sekolah, sekolah tersebut termasuk rusak ringan. pihaknya baru mengetahui, kondisi sdn campakawangi rusak berat.

Pihak dinas pendidikan akan langsung turun ke lapangan dan mendisposisikan, agar sekolah tersebut mendapatkan bantuan program d-a-k pada tahun 2019.

Heri setiawan, bandung tv.