Warga Lagadar Keluhkan Bai Ipal Pt Gistek

45

Warga kampung cipatat, desa lagadar, kecamatan margaasih, kabupaten bandung, mengeluhkan bau menyengat dari instalasi pengolahan air limbah atau ipal milik pt gistex, yang berdekatan dengan pemukiman warga. akibat polusi udara tersebut, puluhan warga pun teridap penyakit seperti gangguan pernapasan hingga sesak.

Tiga rukun warga yaitu rw 10, 11, dan 12, kampung cipatat, desa lagadar, kecamatan margaasih, kabupaten bandung mengeluhkan bau tak sedap yang dikeluarkan pt gistex. bau tersebut berasal dari ipal pt gistex. warga kampung cipatat pun mengalami penyakit gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis, akibat setiap hari menghirup bau ipal tersebut.

Bau menyengat dari ipal membuat warga resah. pasalnya, bau tak sedap tersebut sudah tercium sejak empat tahun lalu, namun pihak perusahaan tidak menggubris yang terjadi di pemukiman warga. padahal, warga sudah melaporkannya ke pihak perusahaan.

Memasuki musim penghujan, bau menyengat tersebut tercium ke tiga rw. ipal tersebut sangat dekat dengan pemukiman warga. menurut warga kampung cipatat, rahmat, tidak ada kontrol baik dari perusahaan ataupun dinas terkait.

Warga lainnya mengungkapkan hal sama. terkadang, pihak pabrik mengolah ipal dari pagi hingga malam hari, hal tersebut menganggu aktifitas warga. selain mengeluarkan aroma tak sedap, debu dari polusi udara pun menempel pada pakaian warga.

Hingga kini tidak ada penanganan serius baik dari perusahaan maupun dinas terkait. jika tetap tidak digubris perusahaan dan dinas terkait, warga kampung cipatat akan berunjuk rasa di halaman pt gistex.

Rezytia prasaja, bandung tv.