Buruh Tuntut Penetapan Umsk Dan Cabut Upah Padat Karya

38

Ratusan buruh menggeruduk gedung sate bandung pagi tadi. mereka menuntut gubernur segera menetapkan upah minimum sektoral dan mencabut upah padat karya.

Ratusan buruh dari bekasi, purwakarta, sukabumi, depok, cianjur, karawang, bogor, cirebon, indramayu, hingga kabupaten bandung yang tergabung dalam fspmi, menuntut gubernur segera menetapkan upah minimum sektoral kota kabupaten atau umsk, dalam aksi kamis pagi.

Selain itu, buruh pun menuntut gubernur mencabut upah padat karya. menurut mereka, tidak ada dasar hukum untuk upah padat karya, sehingga jangan sampai ada surat keputusan untuk upah tersebut. mereka tidak ingin ditetapkannya upah padat karya di purwakarta merembet ke kabupaten kota yang lain, karena selisihnya mencapai 5 ratus ribu lebih rendah daripada upah minimum sektoral.

Menyikapi aksi buruh, kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi jabar, ferry sofwan mengatakan, gubernur tidak bisa menetapkan umsk sebelum ada kesepakatan antara asosiasi pada perusahaan sektor yang sejenis dengan serikat pekerja di tiap kabupaten kota. hal tersebut telah diatur dalam permenaker 15 tahun 2018.

Ferry menambahkan, kesepakatan antara asosiasi dengan serikat pekerja tersebut pun bergantung pada penetapan oleh dewan pengupahan.

Budi hartati, bandung tv.