Sambut Imlek, Vihara Dharma Ramsi Buat Ratusan Lilin

30

Menjelang tahun baru china atau imlek, berbagai persiapan pun dilakukan vihara di dunia, termasuk dharma ramsi yang berlokasi di jalan luna-cibadak bandung. tiga bulan menjelang imlek hingga sekarang, vihara tersebut pun membuat ratusan lilin untuk dipasang di vihara-vihara lain maupun tempat perayaan imlek lainnya.

Beginilah suasana di salah satu vihara yang berlokasi di jalan luna-cibadak kota bandung. tiga bulan menjelang imlek atau tahun baru china, vihara yang telah berdiri sejak tahun 1954 ini, membuat lilin-lilin besar hingga kecil.

Proses utama pembuatan lilin ini dikerjakan oleh seorang lelaki yang telah berpuluh tahun melakukan pekerjaan ini. dirinya telah membuat lilin sejak duduk di sekolah dasar, dengan diajari kakeknya.

Pembuatan lilin di vihara ini terlihat sederhana, namun tidak mudah. dibutuhkan waktu setidaknya 4 hari untuk membuat sebatang lilin besar. lilin-lilin tersebut pun melalui proses pemahatan, dan berulang kali disiram cairan lilin agar menghasilkan warna merah yang indah.

Menurut salah satu relawan di vihara ini, asikin, tahun ini, vihara dharma ramsi membuat 2 ratus lilin, lima puluh diantaranya yang berukuran besar. umumnya, lilin-lilin buatan vihara ini dipesan oleh warga atau vihara sekitar kota bandung juga. namun, dari tahun ke tahun, pemesanan lilin di vihara ini menurun.

Asikin berharap, pada tahun baru china kali ini negara aman dan rakyat sejahtera. hal tersebut seperti tulisan yang terpampang pada tiang depan semua vihara. dirinya pun berpesan, jika kita mempunyai keinginan, harus ada kemauan untuk kerja. setelah membuat lilin, vihara ini pun akan mulai bersih-bersih selasa ini.

Budi hartati, bandung tv.