Warga 2 Rt Inginkan Bedol Desa, Waduk Kuningan Terkendala

47

Pembangunan bendungan atau waduk kuningan terkendala oleh keinginan dua rukun tetangga atau rt di desa kawungsari yang menginginkan bedol desa. untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah provinsi jawa barat akan meminta legal opinion dan saran dari kejati dan kpk r-i.

Pembangunan bendungan kuningan yang berlokasi di desa randusari kecamatan cibeureum kabupaten kuningan, hampir seratus persen selesai. namun, pembangunan yang sudah dimulai sejak 2013 ini, terkendala warga di dua rukun tetangga di desa kawungsari, yang lahannya juga harus dibebaskan seluas 5 koma 56 hektar di dalam batas genangan dan 4 koma 54 hektar di luar batas genangan. warga desa kawungsari tersebut menginginkan pembebasan lahan yang serupa dengan randusari, yaitu bedol desa. menurut sekretaris daerah jabar, iwa karniwa, pihaknya mencari solusi dengan meminta legal opinion dan saran dari kejati dan kpk republik indonesia.

Bendungan kuningan akan mengairi 3 ribu hektar lahan, seribu diantaranya berada di kuningan, dan 2 ribu hektar lainnya di brebes. selain itu, bendungan tersebut berfungsi untuk pengendalian banjir 429 meter kubik atau sampai dengan 67 persen, pemenuhan air baku 3 ratus liter perdetik, dan menyuplai energi listrik tenaga air 5 ratus kwh.

Konstruksi fisik bendungan tersebut baru terealisasi 95 koma 7 persen. penggenangan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun untuk mendukung ketahanan air dan pangan ini, pun didorong secepatnya, melalui koordinasi antara asisten daerah pemprov jabar, bbws, dan bupati kuningan.

Budi hartati, bandung tv.