Jabar Siapkan Perda Lansia

57

BISNIS BANDUNG- Hingga saat  ini di Provinsi Jawa Barat belum pernah memiliki peraturan darah (Perda) yang secara  khusus mengatur memberikan  perlindungan dan memantau tentang perkembangan  lanjut usia.

Adapun perhatian selama ini kepada lansis (lanjut usia) hanya terbatas  pada Perda Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan, yang antara lain memuat   pasal yang mengatur tentang lansia  serta anak berusia bawah lima tahun (balita).

Terkait dengan hal tersebut  DPRD Jabar menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang tengaj mempersiapkan serta mengkaji pembuatan rancangaan peraturan daerah (Raperda) tentang lanjut usia.

Ketua DPRD Jabar,  Ineu Purwadewi Sundari kepada wartawan, pekan ini menyambut baik rencana pengajuan eksekutif  tentang Raperda Lansia.

Namun hal ini, katanya bukan berarti Pemprov dan DPRD tidak perduli terhadap lansia, sebab   pembahas tentang dukungan kepada lansia kerap dilakukan.

“Tentunya  bila ada Perda khusus tentang lansia, itu lebih bagus, sama halnya  seperti  adanya Perda tentang disabilitas,” katanya.

Sementara itu  Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan. pihaknya   tengah mengkaji rancangan peraturan daerah  tentang lansia dalam rangka  menjamin pelayanan kepada lansia.

“Tahun 2019 ini kita bahas Reperdanya, kalau sepakat nanti di tahun 2020 ada pertolongan salah satunya menggratiskan pelayanan-pelayanan kepada lansia,” kata Emil.(B-002)***