Grup Band Konpirasi Harus Mempertanggungjawabkan Karyanya di Pengadilan

23

Sebuah grup band bernama Konspirasi yang digagas pada Oktober 2008 oleh beberapa mantan personil jebolan grup band. Sebut saja sang vokalis Candra Hendrawan Johan a.k.a Che, sosok vokalis yang sekaligus penulis lirik yang berasal dari band Cupumanik, sedangkan Edwin Marshal Syarif sang gitaris berasal dari band Coklat.

Pada bassis ada Romy Sophiaan dan Marcell Siahaan penggebuk drum band Puppen. Lewat karya-karyanya lewat musik berbasis rock dengan tema yang kontroversial diperkenalkannya, di antaranya lagu “Mantra Provokasi” dan “Dominasi”.  Dua single ini seolah dijadikan sebagai mesin pemanas sebelum mereka merilis album mereka yang dibuat tahun 2018.

Dengan idealisme dan konsistensi pada genre dan kematangan musikalitas para personilnya yang sudah memiliki pengalaman, mereka patut mendapat perhatian dan apresiasi. Hal inilah yang mendorong Pengadilan Musik DCDC edisi ke-26 mengundang Konspirasi untuk mempertanggungjawabkan karya-karyanya di persidangan Pengadilan Musik DCDC yang digelar Kamis malam 25 Oktober 2018 di Kantin Nasion Rumah The Panas Dalam, Jalan Ambon No. 8A, Kota Bandung dengan dua Jaksa Penuntut (Budi Dalton dan Pidi Baiq) bertindak sebagai pembelanya, Yoga (PHB) dan Ruly Cikapundung. Persidangan dipimpin Hakim (Man Jasad) dan Panitera, Eddi Brokoli.

Menurut Dikki Dwisaptono sebagai Perwakilan DCDC, pengadilan musik band Konpirasi merupakan episode ke-26. Pengadilan musik sempat terhenti karena harus mencari grup band yang berbeda segmennya.

Sementara itu, Romy, Edwin, dan Che, perwakilan dari band Konpirasi di sela-sela acara, Che menyebut, acara Pengadilan Musik merupakan sajian cerdas yang ada unsur humornya.

Saat ini agak sulit menemukan dan mereview lagu yang diulas di majalah atau koran. Tapi melalui Pengadilan Musik, karya kita dikupas secara langsung, ini merupakan hal yang berharga bagi musisi, karena mendapat penilaian dan masukan yang harus dipertahankan. Ditambahkan Edwin, pembahasan Pengadilan Musik sangat luas, tajam sesuai dengan target apa yang menjadi makna sesungguhnya.

Grup Konpirasi benar-benar dipancing banget untuk menjawab pertanyaan Hakim sesuai yang kita harapkan. Grup band Konpirasi yang mumpuni dengan kekuatan musik dan lirik, siap melahirkan karya baru dan romansa musik alternatif di negeri ini.

(E- 009)***