Keajaiban Alam Batu Paraga Tersusun Menyerupai Balok

82

Perjalanan menuju Kabupaten Tasikmalaya untuk melihat dan mengksplorasi pesona Batu Paraga, batuan yang tersusun seperti balok. Untuk menuju tempat yang terbilang masih perawan ini, memerlukan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupuna empat dari Kota Tasikmalaya. Secara administratif, lokasi Batu Paraga berada di wilayah Dusun Taman Sari Desa Mandalahayu Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk menikmati keindaan dan kesejukan Batu Paraga, pengunjung tidak dipungut biasa alias gratis karena ada pengelolanya, baik oleh pemerintah desa, maupun warga sekitar. Tempat ini belum mendapatkan sentuhan dan dikelola dengan baik, akses jalan menuju lokasi agak sulit. Dari Kantor Kecamatan Salopa, berjarak lebih kurang 4 km untuk sampai Kampung Bambayang, Desa Mandalahayu. Dari Desa Mandalahayu perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki sejauh 2 km melewati area persawahan dan bukit. Sesampainya di Batu Paraga, kelelahan akan terobati oleh keindahan dan pesona Batu Paraga.

Ada hal yang menarik di lokasi Batu Paraga, yakni masih hidupnya monyet yang bergelantungan di antara pepohonan di perbukitan yang jadi habitatnya. Di lokasi yang sama, pengunjung juga bisa bersewafoto dengan latar belakang curug serta aliran air sungai berwarna hijau dengan bebatuan yang tertata rapi.

Dengan potensi besar obyek wisata, banyak harapan warga agar pemerintah daerah mengelola potensi wisata ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain tingkat perekonomian masyarakat yang berkembang, pemerintah daerah juga bisa mendapatkan pemasukan dari retribusi. Hal penting ketika masyarakat dilibatkan dalam mengelola obyek, mereka akan menjaga aset wisata tersebut secara berkelanjutan. (E-001) ***