Merek Mobil Jepang Dominasi Pasar Penjualan di Indonesia

53

Dominasi pabrikan asal Jepang di Indonesia terus berlanjut. Walau bukan berarti merek-merek otomotif non-Jepang menyerah begitu saja dalam memasarkan produknya.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto menjelaskan, dominasi merek-merek mobil Jepang di Indonesia berada pada kisaran 97 %. Tapi saat ini perlahan berkurang dengan agresifitas beberapa pabrikan asal Tiongkok, seperti Wuling Motors dan DFSK.

“Merek mobil Jepang pada tahun 2017 mencapai 97 % sampai sekarang. Tapi sudah mulai terkikis oleh Wuling asal Tiongkok, dengan raihan pasar sekira 1%,” ungkap Jongkie, Jumat pekan lalu.

Bila melihat data Wholesale yang dirilis Gaikindo, 9 dari 10 merek terlaris di Indonesia masih dikuasai oleh merek-merek Jepang. Meski ada merek Tiongkok yang mulai merangsek, tetapi merek-merek mobil Jepang masih tetap berjaya. Kondisi ini positif pertanda banyaknya pilihan untuk masyarakat.

“Pasar semakin besar, termasuk porsinya juga semakin besar, dari tahun lalu 1,1 juta unit, syukur-syukur pada tahun 2019 bisa tembus 1,2 juta unit,” ujar Yongkie. (E-002)***