Pesona Batu Ngampar Terbentuk dari Proses Alam

14

Kota Ciamis terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu obyek  wisata Batu Ngampar di Panumbangan yang berlokasi di Dusun Singkup Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan . Berada di ketinggian bukit Gunung Syawal.Untuk menuju lokasi harus melalui daerah Cihaurbeuti yangt berbatasan dengan Indihiang Tasikmalaya.

Dari  Cihaurbeuti belok ke arah Panjalu  dan kurang lebih lima kilometer akan sampai ke obyek yang menjadi tujuan. Di gerbang desa terdapat papan petunjuk menuju Batu Ngampar , setelah melintasi jalan menanjak, perkampungan warga, pesawahan dan perkebunan dengan tegakan pohon – pohon besar , baru kemudian kita akan melihat hamparan batu besar yang populer dengan sebutan Batu Ngampar.

Obyek wisata Batu Ngampar di Panumbangan Ciamis  sangat cocok bagi para petualang dan  para pecinta alam, karena keindahannya masih sangat alami.  Di Batu Ngampar kita akan menemukan air yang sangat jernih dari pegunungan yang mengalir ke pesawahan serta bagi kebutuhan warga . Di area ini terdapat bendungan  dari tumpukan bebatuan dengan ketinggian sekitar 50 cm yang bisa di pakai untuk berenang.

Objek lainnya yang dekat dengan Batu Ngampar ialah curug (air terjun), lokasinya berjarak sekitar 500 meter. Perjalanan menuju curug tidak mudah, karena  harus melewati undakan batu yang licin berlumut, selain curam, jadi kita harus sangat berhati-hati  dalam menitinya. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter yang sering disebut Curug Pelangi karena jika pada jam 3 sore selalu muncul pelangi. Batu Ngampar ramai di kunjungi wisatawan domestik pada hari Sabtu dan Minggu.

Daya tarik kawasan Batu Ngampar adalah keindahan dan curug, ditambah semilirnya angin yang sejuk yang membuai pengunjungnya . Disamping itu ,para pelancong bisa berkemah juga di kawasan ini. Aktivitas favorit para pengunjung adalah  bermain pada aliran air yang sangat jernih. Selain itu visual lansekap kawasan tersebut kerap juga di jadikan latar untuk berswafoto atau hanya mengabadikan  keindahannya alam sekitar dengan lensa kamera. (E-001) ***