Rumah Batu Dibangun di Gunung Cantigi Dipahat Selama Tiga Tahun

19

Masih di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Mandalawangi mengujungi juga obyek Wisata Rumah Batu di Cibatu kawasan Gunung Cantigi blok Pasingpongpok Dusun Sukawangi Kecamatan Karangnunggal. Rumah batu ini digagas oleh seorang mantan tukang kayu yang mengalami kebangkrutan, dibantu Aji Najidin, temannya.

Mereka berdua terinspirasi untuk membuat sesuatu yang jarang. Dari hamparan sebuah bukit batu di kaki Gunung Cantigi dengan kreativitasnya bukit batu dibuat menjadi sebuah bangunan rumah yang unik. Di atas lahan miliknya seluas 750 meter persegi, bangunan rumah batu dikerjakan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan selama 3 tahun untuk membangun rumah berukuran 6 x 25 meter yang di dalamnya terdapat 2 kamar tidur, dapur, ruang tamu, terowongan dan WC. Bukan hanya itu terdapat pula warung sebagai tempat berjualan makanan dan minuman.

Bangunan ini dikerjakan dengan menghabiskan dana sekitar Rp 30 juta ditambah 4 buah belincong, 250 buah pahat, 5 buah martil serta 2 buah linggis, Tanpa ada campur tangan baik dari pemerintah daerah maupun investor.” Tamu” bisa masuk tanpa dipungut biaya, kecuali tersedia kotak untuk uang amal jariah yang akan disumbangkan ke DKM Masjid Cintasari Pasirpongpok.

Para pengunjung yang datang umumnya berasal dari Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya, walau adakalanya pelancong berasal daerah lain. Popularitas rumah batu menyebar luas berasal dari cerita dari mulut ke mulut dan media sosial. Daya tarik utama obyek terdapat pada keunikan arsitektur rumah batu tersebut,para