367 Warga Terjangkit Dbd, 2 Orang Tewas

28

Wabah penyakit demam berdarah dengue terus merajalela di kabupaten bandung barat. dinas kesehatan mencatat, sedikitinya tiga ratus enam puluh tujuh warga terjangkit demam berdarah dengue, dan dua diantaranya meninggal dunia. warga diimbau untuk waspada.

Dinas kesehatan kabupaten bandung barat mencatat, selama tahun 2019, atau dari awal hingga akhir januari, 367 warga terjangkit demam berdarah dengue atau dbd.

Bahkan 2 orang meninggal dunia, 1 diantaranya bayi berusia 8 bulan, dan seorang lainnya lansia, warga jaya mekar padalarang dan cigugur girang parompong. ratusan warga ini ditangani di sejumlah rumah sakit di kabupaten bandung barat, dan rsud cibabat kota cimahi.

Lantaran dbd cukup mengancam, dinkes kbb telah mengirimkan surat edaran ke seluruh puskemas, terkait kewaspadaan dini peningkatan dbd. menurut kepala dinas kesehatan kabupaten bandung barat, hermawan widjajanto, januari, tercatat 367 orang penderita dbd. kasus dbd hampir merata tersebar di 16 kecamatan, tertinggi di kecamatan cikalong wetan, cililin, ngamprah, padalarang, dan parongpong. faktor kepadatan penduduk dan lingkungan menjadi pemicu wilayah-wilayah tersebut.

Untuk mencegah agar kasus dbd tidak bertambah, pihak dinkes pun mengintensifkan fogging dan kader juru pemantau jentik nyamuk atau jumantik, dengan mendatangi rumah-rumah warga.

Algi muhammad gifari, bandung tv.