Dinkes Kbb Imbau Warga Lebih Waspada Wabah Dbd

16

Masyarakat di kabupaten bandung barat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyakit demam berdarah dengue. berdasarkan data dinas kesehatan  kbb, tercatat sudah tiga ratus enam puluh tujuh orang terjangkit dbd.

Menanggapi maraknya warga yang terjangkit dbd, kepala dinas kesehatan kabupaten bandung barat, hermawan widjajanto mengatakan, januari kemarin, sudah tercatat 367 orang menderita dbd. kasus dbd hampir merata tersebar di 16 kecamatan, tertinggi di cikalong wetan, cililin, ngamprah, padalarang, dan parongpong.

Faktor kepadatan penduduk dan lingkungan menjadi pemicu di wilayah-wilayah tersebut banyak yang terjangkit dbd. di desa jayamekar padalarang dan cigugur girang parongpong, sudah ada 2 warga yang meninggal dunia, satu diantaranya bayi berumur 8 bulan.

Karena dbd mengancam keselamatan warga, dinkes kbb pun telah mengirimkan surat edaran ke seluruh puskemas, terkait kewaspadaan dini peningkatan dbd. apalagi, dengan jumlah 367 orang terjangkit dbd, sehingga berpotensi pada kejadian luar biasa.

Untuk mencegah agar kasus dbd tidak bertambah, dinkes pun mengintensifkan fogging dan kader juru pemantau jentik nyamuk atau jumantik, dengan mendatangi rumah-rumah warga.

Algi muhammad gifari, bandung tv.