Kota Cimahi Segera Bangun Mall Pelayanan Publik

32

Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan kemudahan pelayanan publik yang efisien dan efektif, pemerintah kota cimahi akan segera membangun mall pelayanan publik atau mpp. gedung mpp tersebut akan menjadi pusat pelayanan bagi masyarakat, sehingga tak perlu berpindah-pindah tempat ketika mengurus sesuatu.

Pemerintah kota cimahi tak lama lagi akan memiliki gedung mall untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mengurus berbagai pelayanan publik. mall tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 11 ribu 5 meter persegi, di jalan aruman, kelurahan pasirkaliki, kecamatan cimahi utara, dengan alokasi anggaran 83 miliar rupiah, dari anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2019.

Walikota cimahi menjelaskan, mpp akan berfungsi sebagai tempat pelayanan publik atas barang dan jasa, pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat ataupun daerah serta bumn, bumd, dan swasta. ajay berharap, 23 instansi vertikal yang melaksanakan pelayanan publik di cimahi seperti samsat, bpn, disdukcapil, bpjs, kepolisian, dan instansi lainnya, ikut bergabung.

Sementara itu, deputi pelayanan publik kemenpan rb, diah natalisa, mengapresiasi langkah cepat pemkot cimahi merealisasikan mpp. cimahi menjadi kota pertama di jawa barat yang akan membangun mall pelayanan publik. selain itu, untuk mencegah pungutan liar, pihaknya meminta di dalam mpp disediakan tempat pengaduan, yang akan ditempati tim saber pungli, terdiri dari kepolisian dan tni.

Sejauh ini, pelayanan di kota cimahi khususnya di kantor pemerintahan sudah cukup baik. namun, seringkali masih dikeluhkan, lantaran kecekatan staf pelayanan terbilang lamban. pembangunan mpp pun dirasa sangat tepat. dalam peninjauan lahan yang akan dibangun, deputi pelayanan publik kemenpan rb didampingi wakil walikota cimahi, ngatiyana.

Algi muhammad gifari, bandung tv.