Potret Pendidikan, Selama Dua Tahun Siswa Belajar Di Lantai

10

Siswa di salah satu sekolah dasar negeri di kabupaten cianjur, selama dua tahun harus belajar di lantai karena  tidak tersedianya bangku dan meja dari dinas pendidikan cianjur. akibatnya para siswa sering mengalami mual dan sakit di bagian paru-paru karena setiap hari terpaksa belajar di lantai keramik.

Beginilah kondisi kegiatan belajar mengajar di sd negeri karya sembada di kampung cisalak, desa warga sari, kecamatan kadupandak, kabupaten cianjur, yang memprihatinkan. sudah hampir dua tahun para siswa di sekolah ini terpaksa belajar di lantai keramik karena tidak tersedianya bangku dan meja dari dinas pendidikan dan kebudayaan cianjur untuk sekolah ini. beberapa siswa dari jumlah tiga ratus empat puluh lima murid yang bersekolah di sd tersebut, mengaku tidak merasa nyaman dan sulit berkonsentrasi saat belajar di lantai.

Menurut salah seorang siswi, dirinya kerap kali merasakan mual dan dingin saat belajar di lantai. terkadang dirinya sering batuk hingga masuk angin. pihak sekolah juga khawatir para siswa dan siswi akan terkena penyakit paru-paru karena setiap hari badan mereka bersentuhan langsung dengan lantai keramik.

Menurut kepala sekolah, pihaknya sudah beberapa kali mepertanyakan terkait program mabeler untuk sekolahnya ke dinas pendidikan dan kebudayaan cianjur. namun tidak ada jawaban yang pasti dari pihak dinas pendidikan cianjur dengan alasan tidak adanya program mabeler.

Para murid dan guru beraharap, pihak dinas pendidikan dan kebudayaan cianjur secepatnya menyediakan bangku dan meja agar para siswa lebih merasa nyaman saat belajar di dalam kelas.

 

Heri setiawan, bandung tv.