Petugas Periksa Atau Ramp Check Bus

69

Pasca kecelakaan maut bus di ruas tol cipularang dan cicalengka, aparat kepolisian memeriksa atau ramp cek bus di rus tol purbaleunyi, wilayah kota cimahi, kamis  siang. sejumlah bus  kedapatan tengah membawa penumpang dalam kondisi tidak layak, karena ada kerusakan di bagian mesin, ban gundul, hingga rem kurang berfungsi. ramp cek juga dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan yang cukup tinggi di ruas jalan tol ini.

Satu persatu bus penumpang umum dihentikan sekaligus dirazia aparat kepolisian di rest area kilometer 125 ruas tol purbaleunyi, kota cimahi. bus yang melintasi ruas tol ini diperiksa aparat pada bagian ban, rem, hingga dokumentasi surat pengemudi.

Hasil ramp cek, sejumah bus membawa penumpang dalam kondisi tidak layak. selain ditemukan kerusakan mesin, bus juga dalam kondisi ban gundul, rem kurang berfungsi, hingga tidak dilenglapi mur baud. temuan ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan. ramp cek dilakukan aparat kepolisian sebagai antisipasi terulangnya kecelakaan yang melibatkan bus.

Pemeriksaan dilakukan berkala oleh petugas. diharapkan, pemeriksaan bisa mengurangi angka kecelakaan di ruas tol. pengemudi yang melanggar hanya diberikan peringatan keras dan ditilang di tempat. sedangkan bus tersebut tetap diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Selain di cipularang, angka kecelakaan di ruas tol purbaleunyi hingga akhir tahun 2018 cukup tinggi. hingga akhir 2018, tercatat ada 4 ratus kasus kecelakaan lalu lintas di ruas tol purbaleunyi, yang masuk wilayah hukum polres cimahi dari kilometer 100 hingga kilometer 131. dari jumlah tersebut, total 80 orang meninggal dunia.

Algi muhammad gifari, bandung tv.