Semua Saksi Sebut Iwa Terima Aliran Dana Meikarta

75

Sidang lanjutan kasus meikarta menghadirkan sekda jabar iwa karniwa, yang diduga menerima suap dalam pengurusan izin proyek, di pengadilan tipikor bandung, rabu petang. walau dikonfrontir menghadirkan saksi lainnya, anggota dprd jabar waras wasisto dan sulaeman, kadis p-u-p-r neneng rahmi, dan pemberi uang hendry lincoln, tetap saja iwa kartiwa mengaku tidak menerima uang tersebut.

Persidangan kesebelas kasus suap proyek pembangunan meikarta, berlangsung di pengadilan tipikor kota bandung, hingga rabu petang. sidang dengan agenda pemeriksaan saksi tersebut, mengkonfrontir keterangan sejumlah saksi pada persidangan sebelumnya, yang menyebut ada aliran dana untuk sekda jawa barat iwa karniwa.

Lima saksi yaitu sekretaris daerah jawa barat iwa karniwa, anggota drpd jabar waras waskito, anggota drpd kabupaten bekasi sulaeman, sekretaris daerah kabupaten bekasi, serta kadis pupr pemkab bekasi neneng rahmi nurlaili.

Jaksa penuntut umum menanyakan kronologis kejadian hingga penyerahan uang permintaan iwa karniwa sebesar satu milyar rupiah, seperti yang disebutkan saksi pada sidang sebelumnya. mereka pun bertemu dua kali di kilometer 39 dan 72. dalam pertemuan tersebut, iwa meminta uang sebesar satu milyar kepada henry lincoln. uang tersebut untuk keperluan dirinya dalam pencalonan sebagai wakil gubernur jawa barat.

Namun, dalam sidang, iwa karniwa tetap menyatakan tidak menerima uang yang diberikan dua kali sebesar 400 juta dan lima ratus juta rupiah. bahkan, majelis hakim pun sempat menceramahi para saksi, bahwa memberikan keterangan palsu di persidangan merupakan tindak pidana.

Iwa karniwa menjadi orang terakhir dari aliran dana suap meikarta. namun, dirinya tetap tidak mengaku menerima. tapi, penilaian ada pada jaksa penuntut umum, dan merupakan hak saksi. iwa pun enggan berkomentar setelah mengikuti sidang. sedangkan jaksa penuntut umum kpk akan mempelajari keterangan saksi-saksi.

Sidang kasus suap meikarta dengan terdakwa billy sindoro, fitradjadja prunama, hendry jansen, dan taryudi, telah meyeret beberapa pejabat di lingkungan pemerintahan kabupaten bekasi, yang telah menerima suap sebesar 16 koma satu milyar rupiah, dan 270 dolar singapura. sidang akan kembali digelar senin depan, dengan agenda masih pemeriksaan saksi.

Yuwana kurniawan, bandung tv.