Netizen Indonesia Lima Besar Pecandu Internet di Dunia

47

INDONESIA masuk dalam daftar lima besar pecandu internet di dunia. Dalam sehari penggunaan internet penduduk Indonesia bisa mencapai 8 jam 36 menit. Ini berarti dalam sehari pengguna Indonesia menghabiskan lebih dari sepertiga waktu hidupnya untuk berinternet.

Lantas negara mana yang dinilai paling kecanduan internet? Filipina menduduki posisi pertama pecandu Internet di dunia. Dalam sehari rata-rata mereka berinternet selama 10 jam 2 menit. Di posisi dua adalah warga Brasil yang menghabiskan waktu berinternet selama 9 jam 29 menit. Thailand ada di posisi 3 dengan 9 jam 11 menit dan Colombia di posisi empat dengan 8 jam 36 menit.

Angka-angka in diatas rata-rata penggunaan internet dunia yang ada di angka 6 jam 42 menit. Setengah dari waktu berinternet ini dihabiskan pengguna di perangkat mobile, seperti ditulis The Next Web.

Data tahun 2019 ini diambil dari penelitian global web index kuartal 2 dan 3 tahun 2018 yang dirilis oleh We Are Social dan Hootsuit.

Data penggunaan internet dunia ini menunjukkan penurunan kecil dari tahun sebelumnya. Pada 2018, data yang sama menyebut penggunaan internet dunia mencapai 6 jam 49 menit.

Menurut laporan Digital 2019, penurunan ini terjadi bukan karena orang-orang di seluruh dunia mulai membatasi penggunaan internet mereka. Tapi lebih karena ada gelombang pengguna baru internet yang masih coba-coba. Sehingga waktu bermain internet mereka yang sebentar itu, secara keseluruhan membantu mengurangi angka berinternet dunia.

Berdasarkan data tersebut, tren menunjukkan bahwa di negara berpendapatan rendah dan menengah, orang-orang lebih sering menggunakan internet ketimbang pengguna di negara dengan pendapatan yang lebih baik.

Untuk kawasan Asia Tenggara, pengguna di Singapura hanya menghabiskan 7 jam 2 menit untuk berinternet. Pengguna di Amerika Serikat menghabiskan 6 jam 31 menit, Korea Selatan 5 jam 14 menit, Jerman 4 jam 37 menit, dan Jepang 3 jam 45 menit. (C-003/eks)***