HIDUP HARUS BERSIH (ATALIA KAMIL)

59

Meningkatnya jumlah kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Barat akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan, terlebih setelah 18 orang dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit yang ditularkan dari nyamuk Aedes Aegypti ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya, yang akrab dipanggil Si Cinta, mengungkapkan ada beberapa tempat favorit nyamuk bersembunyi dan berkembang biak, seperti baju yang digantung, vas bunga, bak mandi dan tempat-tempat dimana air sering menggenang.

“Baju-baju yang digantung atau pakaian yang sudah dipakai dan akan dipakai lagi sering menjadi sarang nyamuk utama. Selain itu vas bunga, bak mandi, bahkan di bawah kulkas pun sering menjadi sarang nyamuk, karena nyamuk ini senang sekali dengan air yang bersih,” papar Atalia

Selain dengan gerakan 3M Plus (menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur sampah dan memanfaatkan kembali barang bekas), mencegah nyamuk memasuki rumah juga ternyata dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman dan ikan hias.

Tidak hanya mempercantik rumah dan memberikan kesegaran, pemilihan bunga yang tepat untuk ditaruh di ruangan ternyata dapat mengusir nyamuk. Dipercaya, beberapa tanaman seperti lavender, combrang dan sereh menyebarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, sehingga ruangan rumah akan bebas nyamuk.(E-011)