Bulog Dorong Ekspor Beras Agar Harga Tidak Jatuh

38

Bulog mendorong indonesia mengekspor beras ke lima negara. menurut dirut bulog, budi waseso yang juga ketua kwarnas pramuka, pihaknya memprediksi pangan yang dihasilkan pada musim panen yaitu maret hingga april, diserap hingga melebihi target satu koma delapan ton, sehingga ekspor beras bisa dilakukan agar harga tidak jatuh.

Usai menandatangani perjanjian kerjasama dengan gubernur jabar, ketua kwarnas pramuka yang juga dirut bulog, budi waseso mengatakan, bulog tidak mempunyai jejaring hingga ke tingkat desa, sehingga harus menjalin kerjasama dengan berbagai elemen, termasuk pemerintah. dengan begitu, pangan tidak dikuasai oleh kartel, tetapi oleh negara. pihaknya pun menghindari impor karena indonesia terutama jabar merupakan daerah produksi pangan. budi memprediksi, pangan yang dihasilkan khususnya pada masa panen  bulan maret hingga april, diserap sebanyak-banyaknya dengan target mencapai 1 koma 8 ton. bahkan, jika lebih dari 1 koma 8 juta ton, akan diekspor ke-5 negara. hal tersebut supaya harga beras tidak jatuh. untuk ekspor, diperlukan sinergitas antara menteri perindustrian, bulog, dan menteri perdagangan.

Sementara itu, gubernur jabar, ridwan kamil mengatakan, stabilitas pangan di jawa barat harus dipastikan dengan jaringan yang luas. yang terpenting, mata rantai distribusi beras lancar, sehingga inflasi turun.

Dengan kebijakan ekspor beras, diharapkan tidak ada lagi permasalahan di tingkat petani akibat jatuhnya harga komoditas.

Budi hartati, bandung tv.