Musisi Bandung Tolak Ruu Permusikan

26

Pembahasan rancangan undang-undang permusikan yang tengah dibahas di dpr republik indonesia, membuat puluhan musisi di kota bandung beraksi protes keras. para musisi berbagai usia, berkumpul di gedung indonesia menggugat, dengan menggelar konser mini, pembacaan puisi dan diskusi, sebagai bentuk penolakan r-u-u permusikan.

Bertempat di gedung indonesia menggugat, jalan perintis kemerdekaan kota bandung, puluhan musisi dari berbagai kalangan, berkumpul menggelar diskusi, pembacaan puisi dan konser mini, untuk menolak rancangan undang-undang yang tengah digodok di dpr republik indonesia.

Satu persatu musisi senior tampil menyuarakan protes, terhadap sikap dpr r-i yang mulai membatasi kreatifitas seni, diantaranya lirik akan kaku, warna musik monoton, gestur musisi diatur, dan lain-lain. rapat pembahasan rancangan undang-undang tersebut dinilai sebagai bentuk ketidakadilan terhadap para musisi.

Bahkan, menurut  musisi senior kota bandung serta akademisi, draft pembahasan di dpr ri tidak sesuai dengan naskah akademis, yang membuat terjadi ketimpangan antara jiwa seni dengan aturan. musisi bandung menilai, seni adalah karya murni yang tidak dapat dicampuradukan dengan kepentingan tertentu.

Para musisi bandung ini menyatakan sikap menolak keras r-u-u permusikan, dan meminta dpr r-i menghentikan pembahasannya. namun, jika r-u-u tersebut disahkan, para musisi tanah air akan beraksi protes, dengan cara membuat karya-karya bertema protes dan kritikan.

Yuwana kurniawan, bandung tv.