Agar Hobi Jadi Pundi-Pundi Rupiah

31

HOBI atau kegemaran tak jarang bisa membuat kantong cekak. Nah, daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk mendukung hobi Anda, lebih baik manfaatkan hobi jadi sumber yang menghasilkan uang. Bagaimana caranya?

Hobi main sepak bola, basket, game, menggambar, bersepeda, memasak, dan hobi-hobi lainnya tentu membuat kita merasa senang saat melakukannya. Memang, banyak orang yang rela mengeluarkan koceknya untuk membeli berbagai perlengkapan hobi.

Nah, agar dapat menghasilkan uang dari hobi Anda, coba cara-cara berikut yang dilansir dari berbagai sumber :

Menggali potensi

Anda mungkin mengenal nama Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang sebelumnya Wali Kota Bandung ini pernah menyatakan bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Ya, sejak menjabat menjadi Wali Kota Bandung, Kang Emil begitu ia disapa memang gemar membuat terobosan seperti membangun taman cantik, gedung, dan beberapa infrastruktur yang terkenal di Bandung itu.

Maklum, ia adalah lulusan arsitektur di salah satu kampus ternama di Bandung. Sebelum menjadi walikota dan gubernur, ia memang dikenal sebagai arsitek ternama yang banyak mengerjakan proyek pembangunan baik di dalam maupun di luar negeri.

Cara menggali potensi seperti Kang Emil tentu bisa Anda lakukan. Anda bisa menggali potensi apa yang ada dalam diri Anda. Jika Anda punya hobi bermain game, maka galilah lebih dalam hobi tersebut. Saat ini, peluang dan potensi mendapatkan uang dari bermain game sangat terbuka lebar.

Begitu pun jika Anda punya hobi memasak. Cukup banyak peluang yang bisa dijadikan ladang penghasilan mulai dari membuka usaha kuliner baik dengan membuka toko fisik atau pun melalui online.

Dengan demikian, apapun hobi yang Anda miliki, kenali dan galilah hingga Anda menemukan bahwa Anda merasa hobi yang dilakukan selama ini pantas menghasilkan uang.

Membuka peluang

Katakanlah Anda sudah mengenali satu hobi yang mungkin akan berpotensi menghasilkan pendapatan. Langkah selanjutnya adalah mencari peluang selebar mungkin dari hobi tersebut. Jika Anda seorang maniak game yang sedang hits misalnya Mobile Legend atau PUBG, maka tidak ada salahnya Anda membuka peluang sebagai gamer profesional.

Jangan salah, seorang gamer profesional bisa menghasilkan uang yang tinggi ketika ada turnamen atau kompetisi game baik skala nasional ataupun internasional. Bahkan bayarannya pun bisa lebih tinggi dari penghasilan karyawan swasta atau pun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cara yang sederhana untuk membuka peluang tersebut misalnya Anda bisa bergabung dengan komunitas atau tim gamer profesional. Setelah Anda bergabung dengan mereka, maka tidak menutup kemungkinan job untuk mengikuti pertandingan game akan banyak mengalir kepada Anda dan pundi-pundi rupiah akan segera membanjiri Anda. (C-003)***