DPRD Lakukan Sidak ke Tol Cisumdawu

80

BISNIS BANDUNG- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kawasannya terlintasi tol tersebut.

“Beberapa waktu lalu saya melakukan sidak ke Tol Cisumdawu, sidak dilakukan karena sebelumnya ada laporan masuk ke DPRD Jawa Barat, terkait masyarakat di Desa Sukarapih, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang yang menyampaikan beberapa aspirasi kepada kami terkait tol ini,” kata Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Rabu pekan ini.

Ineu menuturkan warga di Desa Sukarapih, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang meminta bantuan berupa fasilitasi kepada DPRD Jawa Barat agar pengelola dan pengembangan Jalan Tol Cisumdawu memberikan bantuan kepada mereka.

“Jadi sebelumnya warga Desa Sukasari dijanjikan akan diberikan bantuan oleh pengembang Tol Cisumdawu seperti membantu warga untuk membangun irigasi atau jalan rusak. Ini dilakukan karena wilayah mereka kan terdampak atau terlintasi Tol Cisumdawu,” kata Ineu.

Ineu mengatakan berdasarkan hasil sidak yang dilakukan di Sukasari, Kabupaten Sumedang diketahui bahwa perkembangan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu cukup memuaskan.

Namun, kata dia, masih ada beberapa catatan yang harus diperhatikan seperti komunikasi pemerintah desa dengan masyarakat agar dapat mendukung proses percepatan pembangunan tol ini.

“Kalau saya lihat cukup baik tinggal ada komunikasi dengan pemerintah desa dengan masyarakat supaya ada support, sehingga percepatan pembangunan bisa dilakukan dengan baik,” kata Ineu.

Selain itu, salah satu keinginan warga sekitar yakni saluran, masih dalam progres untuk disediakan dan di sisi lain untuk jalan alternatif, Ineu mengaku sudah tersedia meskipun masih berupa jalan sementara.

Dia menambahkan Tol Cisumdawu yang melintasi Kawasan Cileunyi dan Jatinangor baru dalam tahap persiapan, sehingga pihaknya berharap proses pembangunan ini bisa cepat selesai.

“Pembangunan ini bisa berjalan hanya mungkin di ujung, di Cileunyi dan Jatinangor baru dalam tahap persiapan. Kami berharap sesi satu ini bisa cepat selesai,” kata politisi perempuan dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat ini.