Prospek Industri Kreatif 2019

38

INDUSTRI kreatif Indonesia sedang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Tak heran kalau ada banyak orang yang tertarik untuk terjun berbisnis di bidang ini. Sebelum memulai, apa saja jenis-jenis industri kreatif Indonesia.

Dalam jangka waktu beberapa tahun belakangan ini, industri kreatif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini membuat pendapatan negara juga lebih bertambah karena roda perekonomian di industri kreatif Indonesia semakin maju. Memiliki peran penting bagi negara, sebenarnya apa yang dimaksud dengan sektor industri kreatif Indonesia? Industri kreatif Indonesia atau yang juga disebut dengan ekonomi kreatif Indonesia merupakan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan tertentu yang memanfaatkan keterampilan dan kreativitas bakat.

Kemajuan industri kreatif Indonesia membuat banyak calon pengusaha tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis ini. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis di tahun 2019. Coba kenali dulu apa saja jenis-jenis industri kreatif Indonesia yang  semakin berkembang pesat di tahun 2019, yaitu:

  1. Pasar barang seni

Jenis industri kreatif Indonesia yang pertama adalah pasar barang seni. Sektor ini merupakan aktivitas perdagangan barang-barang seni dan juga barang antik yang memiliki nilai seni tinggi. Biasanya industri ini akan melakukan perdagangan atau menjual barang seni melalui galeri dan pasar lelang. Beberapa barang yang termasuk dalam pasar barang seni adalah lukisan, patung, hingga barang-barang antik yang sangat langka ditemukan seperti telepon jaman dulu, piringan hitam, dan lain sebagainya.

  1. Kerajinan tangan

Sektor kerajinan tangan sudah pasti masuk dalam industri kreatif Indonesia karena industri ini membutuhkan keterampilan tingkat tinggi agar dapat menghasilkan sebuah karya terbaik. Kelebihan dari industri kerajinan tangan adalah produk-produknya dikerjakan oleh tenaga pengrajin dari proses awal hingga penyelesaiannya. Beberapa contoh industri kerajinan tangan adalah anyaman yang terbuat dari bahan rotan, bambu, dan kayu yang saat ini sudah merambah ke pasar luar negeri.

  1. Desain

Selanjutnya ada desain yang menjadi salah satu industri kreatif Indonesia. Sektor desain ini memang sangat luas, mulai dari desain grafis, desain interior, dan juga desain produk. Ketiga kategori desain tersebut memang sedang naik daun di kalangan masyarakat karena tingginya minat akan keunikan dari sebuah barang atau tempat. Misalkan saja untuk desain grafis yang saat ini sering digunakan mendesain tampilan website yang unik, desain interior yang jasanya banyak digunakan oleh restoran dan kafe kekinian, hingga desain produk yang menampilkan tampilan kemasan produk yang berbeda.

  1. Fashion

Berbicara tentang industri kreatif Indonesia, fashion pasti tidak boleh ketinggalan. Industri fashion di Indonesia memang sangat berkembang, terutama untuk fashion busana muslim. Hal ini bisa Anda lihat dari menjamurnya online shop yang khusus menjual barang-barang fashion, mulai dari pakaian, tas, sepatu, hingga aksesoris. Pembuatan barang-barang fashion ini membutuhkan kreativitas di dalamnya agar bisa menciptakan hasil karya yang menarik untuk digunakan banyak orang.

  1. Kuliner

Untuk sektor kuliner memang dalam jangka waktu lima tahun belakangan sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, tak hanya di kota-kota besar seperti Bandung, tapi juga di beberapa daerah di Indonesia. Industri kuliner memang sangat luas sehingga Anda bisa memilih mana yang paling sesuai, mulai dari katering, usaha makanan kaki lima, restoran, kafe, hingga coffee shop. Semuanya memiliki peminat yang tak kalah banyaknya.

Ditambah lagi, saat ini sudah banyak direktori website-website kuliner serta food blogger yang mengulas tentang aneka kuliner lezat. Jadi kalau bisnis kuliner mendapat ulasan yang bagus, maka sudah pasti akan banyak pengunjung yang datang untuk mencicip kelezatan kuliner yang Anda sajikan.

  1. Layanan komputer dan peranti lunak

Layanan komputer dan peranti lunak juga termasuk ke dalam industri kreatif Indonesia. Sektor ini berkaitan dengan pengembangan suatu teknologi di dalamnya. Lalu apa saja yang termasuk dalam industri layanan komputer dan peranti lunak? Ada jasa layanan komputer, pengolahan data, periklanan berbasis internet, pembuatan aplikasi, pembuatan blog, hingga pembuatan website serta maintenancenya. Sektor ini meraup untung yang cukup lumayan sehingga banyak diminati.

  1. Video, film, dan fotografi

Terakhir ada sektor video, film, dan fotografi yang juga mengalami kemajuan cukup pesat berkat kemajuan teknologi. Anda pastinya tahu kalau profesi sebagai youtuber dan vlogger semakin berjamuran. Belum lagi adanya instagram yang selalu memberikan foto-foto unik dan menarik untuk dilihat. Tidak seperti pada era terdahulu, di jaman sekarang profesi fotografer saat ini juga sangat laris karena jasanya digunakan untuk foto katalog e-commerce hingga foto menu makanan dan minuman yang ada di kafe kekinian. Inilah bukti kalau industri kreatif Indonesia di bidang video, film, dan fotografi sangat banyak peminatnya.

Faktor perkembangan

Jika Anda perhatikan dengan seksama, kemajuan industri kreatif Indonesia ini sebenarnya jadi lebih berkembang karena dipengaruhi oleh empat faktor utama, yaitu:

    Kreativitas dan inovasi

Faktor pertama adalah karena dalam industri kreatif terdapat kreativitas yang sangat tinggi yang dikerjakan individu sehingga hasilnya pasti akan berbeda-beda. Inilah yang menjadikan hasil karya mereka menjadi unik dan memiliki ciri khas tertentu. Ditambah lagi hampir sebagian besar pelaku industri kreatif Indonesia dilakukan oleh generasi muda sehingga mereka lebih suka bereksperimen dan berinovasi untuk menghasilkan hasil karya yang berbeda.

    Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi juga memegang peranan penting dalam perkembangan industri kreatif Indonesia, terutama yang masih termasuk dalam kategori industri kecil dan menengah. Dengan adanya layanan internet yang bisa digunakan oleh semua kalangan maka penyebaran industri kreatif Indonesia jadi lebih luas. Selain itu, ada banyak sekali e-commerce yang sangat membantu untuk memasarkan produk-produk industri kreatif Indonesia.

    Media sosial

Faktor terakhir yang tidak perlu kita pertanyakan lagi adalah adanya media sosial yang tidak bisa dipungkiri kalau ternyata bisa memberikan peluang yang sangat besar bagi para pelaku industri kreatif Indonesia. Dengan ada media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram, maka para pelaku industri kreatif Indonesia bisa memasarkan hasil karya mereka secara lebih luas, tidak hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri.

    Foto dan video

Jika pada era beberapa tahun yang lalu, foto dan video yang menampilkan gambar bagus hanya bisa dihasilkan oleh para profesional, di era sekarang foto dan video yang bagus juga bisa dihasilkan dari tangan orang awam. Ini dikarenakan sudah banyak kamera handphone dan juga kamera digital yang menerapkan sistem easy user sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Ditambah lagi, masyarakat di era sekarang lebih suka dimanjakan dengan visual. Jadi kalau ada foto dan video yang tampil apik, mereka pun jadi tertarik untuk melihatnya. (C-003/BBS)***