Pesona Curug Gomblang Di Hutan Pohon Damar

53

 Lereng Gunung Slamet dikenal sebagai salah satu wilayah yang kaya destinasi wisata alam, sebagian besar didominasi oleh air terjun (Curug). Perjalanan tim Mandalawangi kali ini akan menguak salah satu Curug dikawasan lereng Gunung Slamet.Masyarakat setempat mengenal Curug ini dengan sebutan Curug Gomblang.

Secara administratif pemerintahan masuk ke wilayah Desa Kalisalak,  Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas  Jawa Tengah. Objek wisata Curug Gomblang yang dikelola Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Curug ini cukup dekat dari pusat Kota Purwokerto, letaknya juga tidak terlalu jauh dengan tempat wisata lain yang berada di sepanjang jalan menuju kawasan Curug Gomblang dengan pemandangan hutan damar yang menakjubkan.

            Aksebilitas menuju lokasi dari pusat Kota Purwokerto cukup mudah,akses paling gampang bisa melalui pertigaan pasar Karanglewas ke utara, dapat ditempuh sekitar 30 menit hingga 1 jam atau bisa pula melalui Karangsalam (UNWIKU ke utara) dan Ketenger searah dengan jalur bukit Tranggulasih. Curug Gomblang dapat pula ditempuh dengan berjalan kaki  melalui bendungan PLTA Micro Hidro Baturagung.  Tiket masuk ke lokasi Curug Gomblang dan  fasilitas di sana (bumi perkemahan, curug gomblang, parkir , curug lima dan curug sebrangan)  di bandrol seharga Rp 10.000/orang. Akses jalan dari gerbang pertama sampai tempat parkir   masih berupa bebatuan, belum diaspal, namun dapat dilalui motor muapun mobil.

            Curug Gomblang mulai di garap pada Juni 2016,hingga saat ini kunjungan pelancong cukup bagus terutama di akhir pekan. Tingginya minat wisatawan mengunjungi Curug Gomblang disebabkan objek wisata yang berada di lereng selatan Gunung Slamet  pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut ini memiliki pesona panorama alam yang indah yang dikelola dengan baik.Selain itu di sekitar lokasi Curug pihak pengelola menyediakan berbagai spot untuk berswafoto , ditambah tersedianya bangku istirahat, wc dan  spot foto buatan yang cukup instagramable. Selain itu dari tempat parkir menuju lokasi curug, kita akan disuguhi hutan damar dengan batang lurus menjulang tinggi, di hiasi dengan daun yang berwarna hijau tebal membuat sinar matahari terkadang tidak bisa menyinari tanah, namun dibalik itu tercium aroma yang begitu segar dan khas.

            Curug Gomblang setinggi 50 meter dengan debit air cukup besar dan jernih. Tapi bagi para pengunjung tidak disarankan untuk berenang di lokasi yang dekat dengan curahan air dari ketinggian , karena kubangan jatuhan air terjun  mencapai kedalaman 10 meter. Menurut petugas penjaga , dikubangan jatuhan air terjun terdapat relung (rongga) menyerupai goa yang berbahaya bagi perenang  . Bagi pengunjung yang ingin bermain air bisa melakukannya di aliran air yang mengalir dari kubangan air terjun. Di antara semua obyek di Curug Gomblang,selfie deck merupakan wahana paling bagi favorit para pengunjung ke Curug Gomblang.Selfie deck terletak di atas bukit kecil yang berhadapan langsung dengan Curug Gomblang, di area ini para pengunjung selalu berswafoto dengan latar Curug Gomblang curug disini. (E-001)***