Memilih Motor Sesuai Kebutuhan

55

Bekerja di kota besar, sosok pekerja biasanya akan memilih moda transportasi dengan mobilitas tinggi. Tidak hanya irit, tapi juga bisa diandalkan untuk menembus kemacetan jalanan . Bila Anda sedang mencari sepeda motor, ada beberapa jenisĀ  yang bisa dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Motor sport

Motor sport dikenal dengan motor berperforma tinggi karena kapasitas mesin yang lebih besar . Transmisi manual serta kopling pada motor sport membuat pengendara dapat mengendalikan akselerasi motor untuk mencapai performa maksimal. Kendaraan sport yang memiliki bodi cukup besar dan lebar lebih stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Sayangnya, bodi besar itu membuat bobot motor sport lebih berat dan kurang cocok untuk jalanan macet atau perjalanan jarak pendek. Walau begitu, bagi Anda yang senang melakukan touring atau perjalanan jarak jauh, motor sport menjadi pilihan tepat. Sebab, motor sport memiliki ketahanan bodi dan mesinĀ  cukup baik.

  1. Motor bebek

Motor bebek merupakan salah satu jenis motor yang sempat populer di Indonesia. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada tahun 2004 pasar motor ini penjualannya sempat menembus angka 90,87 %. Sama seperti motor sport, motor bebek juga dibekali dengan transmisi manual. Sehingga pengendara dapat mengatur akselerasi untuk mencapai kecepatan atau performa yang diinginkan. Secara umum, motor jenis ini lebih irit bahan bakar dari pada jenis motor lainnya karena rotasi per-menit (RPM) lebih rendah.

Salah satu masalah yang sering ditemui pada motor bebek adalah masalah busi. Busi motor bebek lebih mudah mati karena posisi mesinnya terbuka, terutama saat berkendara di waktu hujan atau menembus banjir.

  1. Motor Matik

Kendaraan roda dua dengan transmisi otomatis ini menjadi jenis motor terlaris di Indonesia. Menurut data AISI tahun 2018, dari 10 merek motor terlaris di Indonesia sembilan antaranya merupakan motor berjenis skutik. Transmisi otomatisnya membuat motor ini lebih simpel untuk dikendarai tanpa perlu repot pindah gigi. Teknologi yang digunakan pada mesin motor matik saat inipun membuatnya semakin irit bahan bakar. Namun, motor matik bisa menjadi boros jika gaya berkendara Anda kurang tepat. Dibandingkan dengan kedua jenis motor sebelumnya, motor matik biasanya memiliki bodi lebih kecil. Bodi kecil ini dapat memudahkan pengendara untuk bermanuver di jalan macet. Sehingga cocok untuk digunakan di kawasan perkotaan.

Setelah mengetahui jenis sepeda motor beserta keunggulannya, kira-kira jenis motor mana yang akan Anda pilih? Jangan lupa untuk selalu berkendara aman dan nyaman. Gunakan Helm dan taati rambu-rambu lalu lintas. (E-002)***