Di Masa Reses, Ketua Dprd Jaring Harapan Masyarakat

49

Di akhir masa jabatan pada 2019, dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten cianjur terus gencar melakukan reses di beberapa titik . reses tersebut bertujuan untuk menjaring harapan masyarakat di wilayah daerah pemilihan masing-masing. dalam reses tersebut, anggota dprd dari fraksi demokrat mendapat banyak keluhan dari warga.

Reses masa sidang ke satu dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten cianjur terus gencar dilakukan. salah satunya, reses ketua dprd yadi mulaydi  dari graksi partai demokrat, yang mendatangi langsung dan bertemu dengan warga desa mekarjaya, kecamatan mande. menurutnya, reses merupakan masa penting yang sejatinya fungsional dalam menjaring aspirasi masyarakat.

Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota dprd. setiap tiga  bulan, anggota dewan turun ke daerah pemilihan untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk disalurkan.

Dalam reses ini, beberapa warga menugutarakan aspirasi, misalnya terkait perbaikan infrastruktur pedesaan, perlu adanya tempat pembuangan sampah, sumber daya manusia yang notabene tingkat pendidikan masih rendah, serta masih kurangnya sarana prasarana tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya.

Para anggota dewan mengatakan, seluruh keluhan dan harapan masyarakat akan ditindaklanjuti secara maksimal. sedangkan realisasi anggaran untuk program-program yang disetujui, bisa tahun depan atau saat anggaran perubahan.

Sementara itu, menurut kepala desa mekar jaya, permasalahan di pedesaan terutama di bidang infrastruktur yang akan menunjang kemajuan ekonomi masyarakat pedesaan. yang paling penting, untuk meningkatkan sumber daya manusia, pendidikan, serta lapangan kerja.

Diharapkan, dengan apsirasi dan keinginan masyrakat, seluruh anggota dprd bisa merealisasikan program-program aspirasi mereka.

Heri setiawan, bandung tv.