Mentan Lepas Ekspor Manggis Ke Beberapa Negara Asia Dan Eropa

40

Menteri pertanian atau mentan, amran sulaiman, melepas ekspor manggis dari sukabumi ke beberapa negara asia dan eropa, di cikembang, kabupaten sukabumi, kamis siang. ekspor manggis tahun 2018, sebesar 38 ribu 380 ton, meningkat 324 persen dibandingkan tahun 2017, yang hanya 9 ribu 167 ton.

menteri pertanian, amran sulaiman mengatakan, ekspor manggis tahun 2018 mencapai 474 miliar, naik dibandingkan tahun 2017 sebesar 540 miliar. hal itu dikatakan saat melepas ekspor manggis dari sukabumi ke beberapa negara asia dan eropa, seperti, china, hongkong, arab saudi, kuwait, oman, amaerika, australia, perancis dan belanda. indonesia merupakan negara eksportir manggis kelima peringkat dunia sebagai produsen manggis, setelah india, china, kenya, dan thailand.

ekspor tahun ini meningkat sangat besar, karena aksesnya langsung ke negara asia dan eropa lainnya, tanpa transit terlebih dahulu di malaysia, sebelum ke negara tujuan ekspor.

Kontribusi kabupaten sukabumi terhadap total ekspor manggis selama tahun 2018, mencapai 13 koma 59 persen, dari total ekspor melalui pelabuhan tanjung priok.

 

Budi setiawan, bandung tv.