Ombudsman Minta Satgas Tegakkan Hukum Soal Pungli Smpn 2

18

Kepala ombudsman jabar, haneda sri lastoto meminta satgas saber pungli jawa barat tak segan menegakkan hukum terkait kasus pungli smp negeri dua bandung, jika sudah ada bukti. menurutnya, laporan terkait pungli di sektor pendidikan termasuk tertinggi.

Ditemui usai pertemuan dengan kabupaten kota di jabar di aula barat gedung sate, kepala ombudsman jabar, haneda sri lastoto meminta satgas saber pungli jabar tak segan menegakkan hukum terkait kasus pungli smp negeri dua bandung, jika sudah ada bukti. menurutnya, regulasi terkait pungutan di sekolah sudah jelas. dirinya sangat menyayangkan hal itu terjadi. menurut haneda, pungli di sektor pendidikan di jabar relatif berkurang pada 2017. harapannya, sistem online memotong praktek tersebut. tapi, bagi ombudsman yang paling penting pelakunya bukan masyarakat, karena menunjukkan tingkat kesadaran publik masih rendah.

Menurut haneda, saat ini, laporan masyarakat yang paling tinggi ke ombudsman yaitu terkait penundaan berlarut. jika tidak diselesaikan, dampaknya yaitu pungutan liar. bahkan, berdasarkan laporan tim saber pungli nasional, pada 2017, pungli di jabar tertinggi dengan 534 tersangka.

Budi hartati, bandung tv.