Menyoal Kreativitas Part Time Entrepreneur Mahasiswa Jurusan Ekonomi

20

PASTI senang rasanya jika masih berstatus mahasiswa namun sudah bisa menghasilkan uang hasil kerja sendiri. Anda bisa membiayai kuliah sendiri atau malah membantu orang tua.

Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa menghasilkan uang lumayan. Asyiknya, sejumlah ide pekerjaan berikut ini tidak akan mengganggu aktivitas. Langsung saja, simak 5 ide pekerjaan sampingan seperti dikutip BB, dari berbagai sumber, Senin (18/2/2019)

Kasir toko ritel

Mahasiswa ekonomi khususnya jurusan akutansi adalah orang-orang yang cermat dalam melakukan perhitungan. Jika Anda punya kelebihan dalam hal ini, mengapa tidak manfaatkan untuk menjadi kasir di toko ritel.

Hitung-hitung melatih kemampuan sambil mencari pengalaman kerja, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan lumayan dengan menjadi kasir paruh waktu. Jika tertarik kenapa tidak langsung mengajukan lamaran ke toko ritel dekat kampus Anda.

Agen asuransi

Meski akrab di telinga, namun asuransi adalah produk keuangan yang masih asing bagi sebagian orang Indonesia. Padahal, kebutuhan akan asuransi pasti akanmeningkat seiring tercitanya kesadaran berasuransi.

Nah, sebagai mahasiswa fakultas ekonomi, Anda pasti jauh lebih paham mengenai asuransi. Selain itu, teori mengenai marketing yang Anda peroleh dari kampus tentu jauh lebih banyak dibandingkan mahasiswa jurusan lain.

Lantas, kenapa tidak menggunakan waktu luangmu untuk menjadi agen asuransi. Siapa tahu, Anda bisa mengikuti jejak sukses marketing asuransi kawakan.

Agen laku pandai

Dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ​Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai), adalah program penyediaan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya melalui kerjasama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Program ini bertujuan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum terjangkau layanan keuangan. Laku Pandai juga melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Indonesia terutama antara desa dan kota.

Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti Asuransi Mikro.

Syaratnya juga mudah yakni KTP, punya rekening tabungan atau giro yang dilengkapi ATM, dan lokasi usaha. Kalau Anda mahasiswa ekonomi yang punya orang tua berprofesi sebagai pengusaha UKM, kesempatan ini sayang dilewatkan. (c-003/bbs)***