Pentingnya Peredam Kap Mesin Mobil

191

Mobil yang dibuat oleh pabrikan sudah dibekali dengan peredam di bagian dalam kap mesin. Walau ada  beberapa kendaraan yang belum menggunakannya.

Menurut Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi,  fungsi peredam berguna meredam suara mesin dan membantu panas di ruang mesin konstan. Kalau enggak pakai, efeknya panas. Berpengaruh pada warna kap mesin .

Hal senada juga disampaikan Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi. Dia menyebut, fungsi peredam di kap mesin sebagai bahan isolator, khususnya untuk meredam suara mesin masuk ke kabin.

“Kalau tidak pakai, suara mesin terdengar ke kabin dibanding yang pakai isolator. Sebenarnya, tidak ada kewajiban pabrikan memasang komponen tersebut,” tuturnya.

Beberapa manfaat peredam kap mesin  :

  1. Untuk menjaga suhu mesin agar tidak hilang

Panas mesin perlu diredam  karena panas pada mesin  sangat diperlukan.

Peredam memungkinkan panas yang timbul dari ruang mesin tidak tersalurkan keluar melalui kap mesin, sehingga mesin lebih cepat mencapai suhu kerja dan konsumsi bahan bakar dapat lebih irit.

  1. Untuk meredam bunyi mesin dari ruang mesin

Mobil mobil saat ini tergolong memiliki suara yang cukup tenang, hal itu bukan tanpa alasan. Selain pengaruh muffler yang diset dengan peredam, dibagian mesin juga terdapat peredam bunyi.

Peredam , selain meredam panas juga akan melapisi permukaan mesin sehingga bunyi mesin tidak merambat dan beresonansi di kap mesin yang terbuat dari bahan plat besi.

  1. Menjaga kondisi kap mesin dari radiasi panas mesin

Panas yang timbul dari mesin bisa meninggalkan bekas berupa belang pada cat di atas kap mesin.

Belang pada cat tersebut dihasilkan dari radiasi panas yang tidak menentu, selain itu uap aki juga bisa menimbulkan bercak pada kap mesin, untuk itu biasanya juga terdapat peredam diatas aki. (E-002)***