Banjir Rendam Pemukiman Warga Bojongasih

97

Ratusan rumah warga di kecamatan baleendah, dayeuhkolot, dan bojongsoang, kabupaten bandung, terendam banjir luapan sungai citarum. warga yang akan beraktivitas di luar rumah pun, terpaksa harus menggunakan perahu, untuk aktivitas sehari-hari.

Puluhan kampung serta ratusan rumah warga di kecamatan baleendah, dayeuhkolot, bojongsoang, kembali terendam banjir akibat meluapnya sungai citarum. salah satunya kampung bojong asih, kecamatan dayeuhkolot, yang terdampak banjir dengan ketinggian mencapai satu setengah meter. rumah warga pun kotor penuh sampah, yang mengapung di sepanjang jalan.

Dari 2 rw yang terendam banjir, terdapat 31 kk atau seratus jiwa yang mengungsi, meninggalkan rumah. sedangkan sisanya memilih bertahan di lantai dua rumah mereka, sambil menunggu air surut. banyaknya warga yang masih bertahan, membuat relawan secara bergantian mengevakuasi mereka yang terjebak banjir.

Menurut seorang warga, yadi, kondisi banjir semakin parah dan hampir sebulan. ketinggian air naik dan surut. warga berharap, dalam mengatasi masalah banjir, pemerintah menyelesaikan permasalahan sungai citarum. dirinya menilai, kolam retensi di cieunteng tidak efektif, karena tiap hujan kecil di hulu sungai selalu banjir. yadi berharap, pengerukan sungai citarum dimaksimalkan, seperti tahun-tahun sebelumnya,

Warga mengaku sudah bosan dengan banjir yang kerap naik turun merendam pemukiman mereka, dan berharap pemerintah melakukan langkah lebih untuk menangani banjir.

Rezytia prasaja, bandung tv.