Ijti Dan Pwi Deklarasikan Pemilu Damai

49

Jelang pemilu 2019, puluhan jurnalis dari ijti bandung raya dan pwi kabupaten bandung, serta ratusan masyarakat dan komunitas, mendeklarasikan pemilu damai, dan menolak segala bentuk berita bohong atau hoax, di kawasan ibun, kabupaten bandung. selain deklarasi, jurnalis dan masyarakat juga menanam lima ratus bibit pohon, untuk menjaga kelestarian alam dan mendukung program citarum harum.

Bertempat di rest area cukang monteng, kecamatan ibun, kabupaten bandung, puluhan jurnalis yang tergabung dalam ikatan jurnalis televisi indonesia korda bandung raya, dan persatuan wartawan indonesia kabupaten bandung, berkumpul bersama masyarakat, untuk mendeklarasikan pemilu damai, dan menentang segala bentuk berita bohong atau hoax, jelang pemilihan presiden dan wakil presiden 17 april 2019.

Deklarasi ini guna menjaga kondusifitas jelang pilpres 2019, dan menghindari perpecahan. selain itu, masyarakat juga diberikan pemahaman dan sosialisasi oleh bawaslu dan kpu kabupaten bandung, tentang tata cara memilih yang baik dan benar.

Lalu muspika, jurnalis, dan masyarakat, mencap telapak tangan, sebagai bentuk dukungan menolak berita bohong atau hoax, di sebuah banner. kegiatan pun dilanjutkan dengan penanaman 500 bibit pohon endemik jawa barat, di sekitar lokasi deklarasi, guna menjaga kelestarian alam serta mendukung program citarum harum.

Menurut ketua ijti bandung raya, rezytia prasaja, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan jurnalis kepada kepolisian, kpu dan bawaslu, jelang pilpres 2019. menurutnya, jurnalis berperan penting dalam pemberian pemahaman dan sikap, saat masyarakat menerima hoax tentang pilpres.

Sementara itu, menurut kapolres bandung, akbp indra hermawan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan dua organisasi wartawan di kabupaten bandung ini, karena mendukung kondusifitas jelang pilpres.

Diharapkan, setelah deklarasi pemilu damai dan menolak berita hoax ini, masyarakat lebih dewasa saat mengkonsumsi berita, sebelum akhirnya kembali dibagikan ke media sosial atau kerabatnya.

Rezytia prasaja, bandung tv.