Waspada Hujan Deras Hingga Maret

94

Badan meteorologi, klimatologi dan geofisika bandung memprediksi puncak musim hujan akan terjadi hingga maret. masyarakat di kawasan rawan banjir, pergerakan tanah, dan longsor, pun diimbau agar mewaspadai masih tingginya curah hujan.

Badan meteorologi, klimatologi dan geofisika bandung memprediksi, februari hingga maret ini jawa barat, bandung khususnya, berada pada periode puncak musim penghujan. hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai angin dan petir masih berpotensi, terutama siang hingga sore. sedangkan pada pagi hari cuaca cenderung cerah hingga berawan, tapi terjadi pertumbuhan awan konvektif signifikan, yang hampir merata di jawa barat. di beberapa wilayah di bandung, terkadang terjadi hujan es, salah satunya karena pada pagi hari terjadi konvektif atau pemanasan yang cukup signifikan. suhu di jam tujuh dan sepuluh pagi, biasanya berselisih 5 derajat celcius, dan terjadi pertumbuhan awan kumulus atau kumolonimbus yang menjulang melebihi batas titik es, sehingga hujan yang turun akan berbentuk butiran-butiran es.

Diprediksi penurunan curah hujan secara bertahap akan terjadi april. masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, pergerakan tanah, dan longsor pun diimbau agar mewaspadai curah hujan yang tinggi, karena adanya potensi banjir hingga longsor.

Budi hartati, bandung tv.