Durian Sinapeul; Buah Kesukaan Perwira Belanda

81

        Siapa yang tidak mengenal durian, buah dengan kulit berduri ini  merupakan buah yang dagingnya banyak penyukanya. Buah pohon durian banyak tumbuh di seantero wilayah nusantara, pada musim berbuah hampir di semua daerah Indonesia mudah ditemukan.

Di Jawa Barat misalnya, kita bisa menemukan berbagai varietas durian, salah satu varietas durian unggulan berasal dari blok Sinapeul, Desa Ujung Berung, Kecamatan Sindangwangi,Kabupaten Majalengka. Durian Sinapeul merupakan durian lokal asli Majalengka yang banyak diburu pecinta durian dari berbagai daerah. Durian lokal ini dikenal dengan nama durian sinapeul karena banyak tumbuh di Blok Sinapeul, bahkan  di hamparan bukit pun didominasi dengan pohon durian.

            Durian Sinapeul memiliki empat jenis yang jadi andalan petani, antara lain Durian Perwira, Sriwig, Bokor dan Cangpis. Menurut penuturan para pedagang dan petani durian di Sindangwangi, Durian Perwira merupakan durian yang dikembangkan petani Sindangwangi yang sudah mendapatkan sertifikat sebagai durian unggulan. Bibit induknya berasal dari Sindangwangi yang merupakan perpaduan varietas Cangpis (Cangkang Ipis) dan Matahari. Jadi, tak heran jika Durian Sinapeul ini banyak diburu karena rasa dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Dipenghujung akhir tahun sampai tiga bulan pertama tahun berikutnya merupakan panen durian lokal Sinapeul.

            Konon kabarnya durian varietas Perwira,  karena jaman dahulu sangat disukai para perwira tentara Belanda. Varietas Perwira masuk bibit unggul, di daerah lain diluar Sinapeul bisa ditanam, tapi rasanya  jauh berbeda dengan yang ditanam di daerah Sinapeul.Bagaimana dengan rasanya? Bagian daging durian ini memiliki warna kuning mentega, kering, daging tebal, biji kempes, manis, pulen dan sangat tajam aroma duriannya, bahkan setelah tangan kita dicuci dengan sabun , wangi duriannya  tetap menempel.Untuk para penggemar durian,sangat mudah caranya bila ingin menikmati kelezatan  durian Sinapeul. Sepanjang jalan utama Sindangwangi menuju Cirebon, terdapat banyak pedagang durian Sinapeul. Mereka dari pagi hingga menjelang malam siap melayani para penggemar buah durian Sinapeul.

            Durian asal Majalengka ini hanya berbuah setahun sekali,  puncak panennya terjadi setiap bulan November dan Desember.Jika di sepanjang jalan di Sindangwangi banyak durian di luar bulan tersebut , dipastikan durian tersebut berasal dari luar daerah, seperti Sumatera, dan Kalimantan atau durian asal  Semarang, Klaten, Kudus dan Jepara. Durian Majalengka belum bisa memasok ke luar daerah karena produksinya masih terbatas, jadi hanya bisa memenuhi kebutuhan wilayah sendiri. Terlebih di saat musim durian pembelinya bisa datang dari berbagai daerah terdekat, seperti Bandung , Sumedang , Cirebon dan Indramayu atau wilayah lain yang datang sambil berekreasi. (E-001) ***