Kolaborasi BEKRAF dan Viu, Kembangkan Filmpreneur

37

DEMI mendorong perfilman nasional yang kuat, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan layanan video OTT Tanah Air, Viu, memutuskan untuk bekerja sama. Dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin, 25 Februari 2019 di kantor BEKRAF, keduanya pun resmi berkolaborasi.

        Tujuan dari kerja sama ini tidak lain untuk mengeksplorasi kolaborasi yang fokus pada upaya untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem film Indonesia melalui inisiatif yang disebut Filmpreneur.

        Kolaborasi ini akan diwujudkan melalui sinergi di beberapa program Viu, yang meliputi, Viu Pitching Forum (VPF). VPF sendiri merupakan acara tahunan Viu di Indonesia yang didedikasikan untuk memfasilitasi ide cerita dari para profesional perfilman Indonesia untuk diproduksi sebagai Viu Originals.

        Selain memfasilitasi dalam acara VPF, ada pula Viu Shorts, yaitu festival film pendek tahunan Viu yang merayakan semangat keberagaman Indonesia. Viu Shorts difokuskan untuk mengarahkan minat dan bakat anak muda Indonesia ke arah bisnis perfilman sejak usia dini.

        Tak hanya Viu saja yang memiliki wadah kreativitas sineas berbalat, BEKRAF pun memiliki Akatara, sebuah kegiatan forum pembiayaan dan investasi untuk perfilman Indonesia berskala nasional.

        BEKRAF melalui Akatara, akan mendukung VPF dan Viu Shorts dengan memberikan sosialisasi VPF dalam kegiatan Akatara, membawa mentor dari BEKRAF ke VPF, dan Viu Shorts untuk memberikan workshop, serta menyediakan pemutaran dan dialog film hasil dari Akatara di VPF dan Viu Shorts.

        Begitupun sebaliknya, Viu akan mendukung kegiatan Akatara dengan menghadirkan profesional perfilman internasional dan lain sebagainya.

        Menurut Kepala BEKRAF, Triawan Munaf, kerja sama ini akan membangun banyak manfaat khususnya bagi para sineas berbakat sekaligus untuk kemajuan ekosistem perfilman nasional.

        “Dalam upaya mendorong pembentukan ekosistem film Indonesia, BEKRAF percaya bahwa kolaborasi dengan para pemimpin industri, seperti Viu, sangat penting dan memberikan banyak manfaat. Selain itu, program Viu sejalan dengan Akatara Bekraf,” ujar Triawan Munaf saat ditemui wartawan  di Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 25 Februari 2019. (C-003/BBS)***