Lagu “Lagi Syantik” Siti Badriah Dapat Penghargaan di Thailand

175

LAGU dangdut Siti Badriah yang berjudul Lagi Syantik, terpilih sebagai Best ASEAN Economic Community Song oleh F.M. 95 MHz, Radio Station MCOT Company Limited Bangkok.

        Kemenangan lagu Lagi Syantik itu diumumkan dalam acara The 15th Look Tung Mahanakorn Awards yang diselenggarakan pada Minggu, 24 Februari 2019, di gedung Pusat Kebudayaan Thailand. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 1.000 penggemar Siti Badriah.

        Siti Badriah atau yang akrab disapa Sibad patut berbangga, karena kemenangan lagu Lagi Syantik diperoleh setelah menyisihkan lagu dari negara Asia Tenggara (ASEAN) lainnya, seperti Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

        Kemenangan ini menandakan bahwa produk industri kreatif Indonesia seperti musik, film, dan jenis seni lainnya memiliki potensi untuk merambah pasar Thailand dan negara lainnya, setelah sebelumnya mampu menguasai pasar Malaysia, Brunei, Singapura dan Timor Leste.

        Berdasarkan siaran pers yang diterima VIVA, lagu Indonesia lainnya yang telah mampu memasuki pasar dan sempat menempati tangga lagu yang tinggi di radio-radio Thailand adalah Tak Tuang Tuang dan Goyang Dumang.

        Duta Besar Indonesia di Bangkok, Ahmad Rusdi menyampaikan bahwa prestasi ini membanggakan bagi masyarakat Indonesia, khususnya industri musik Indonesia. Selain itu, kemenangan lagu Lagi Syantik sebagai Best AEC Song menunjukkan kedekatan  budaya kedua negara yang menyentuh berbagai lapisan masyarakat di Thailand. (C-003/fin)***