Telaga Sunyi Sebuah Keindahan; Di Tengah Sepinya Alam Bebas

98

 Tenggelam di Telaga Sunyi bersama cintanya yang suci. Kisah seorang putri yang telah patah hati , lalu bunuh diri. Bait penggalan lagu di atas akan mengingatkan, khususnya kaum Manula (manusia usia lanjut) pada lagu  Telaga Sunyi yang populer zaman masa mudanya tempo dulu.

Telaga Sunyi di Purwokerto merupakan sebuah keindahan obyek wisata yang mungkin tidak ada kaitannya dengan seorang putri yang bunuh diri karena patah hati. Lagu Telaga Sunyi , mungkin bisa dijadikan alat promosi atau pengingat bagi calon pengunjung untuk mendatangi obyek wisata Telaga Sunyi yang wajib dikunjungi karena keindahannya.

Dari namanya, Anda pasti sudah membayangkan kalau tempat wisata ini keadaannya  sepi , jauh dari keramaian. Tidak salah, obyek wisata Telaga Sunyi memang agak jauh dari keramaian dan tidak seramai Lokawisata Baturraden. Berjarak sekitar 2.8 kilometer dari Lokawisata Baturraden ke arah timur , bisa ditempuh dengan  mobil atau motor sekitar 10-15 menitan. Akses jalan menuju Telaga Sunyi cukup mudah. Bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun dua. Untuk  mencapai  telaga dari tempat parkir  dilakukan dengan berjalan kaki . Ada jalan setapak dengan pemandangan indah dan bisa melihati anak sungai yang airnya jernih dan bersih, serta hamparan persawahan . Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam berupa Telaga , sebuah  tempat wisata yang wajib banget dikunjungi saat berkunjung ke Kota Purwokerto.

Ketenangan suasananya menjadikan Telaga Sunyi  Purwokerto menjadi sebuah tempat yang banyak di jadikan pilihan para traveler yang ingin mencari ketenangan, namun masih bersatu dengan alam. Lokasinya  tidak terlalu jauh serta  mudah di akses menjadikan tempat ini  pas bagi pengunjung yang ingin menyegarkan pikiran dari berbagai masalah pekerjaan atau  aktivitas yang melelahkan.Pengunjung dapat berenang dan melihat pesona bawah air  Telaga Sunyi . Saat berada di lokasi, terdapat aturan tidak tertulis mengenai  harus menjaga sikap dan ucapan. Konon ada  mitos di kawasan Telaga Sunyi yang masih di percaya oleh masyarakat sekitar , yakni  jika seseorang berkata kotor akan ada makhluk halus yang mendorong sampai ke dasar telaga.

            Menurut beberapa wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini, mitos terbukti.  Berkata kasar di manapun tidak pantas diucapkan. Bukan tanpa alasan jika hal itu benar adanya,  berkunjung ke tempat orang lain harus tetap menjaga sopan santun. Untuk masuk ke Telaga Sunyi  yang sangat indah , cukup membayar tiket Rp 10.000 , parkir Rp 2000, dengan fasilitas pendukung antara mushola , tempat ganti pakaian/bilas , warung makan dan tempat parkir.

(E-001) ***