Bandung Pasar Potensial Mobil Premium

82

Pasar segmen mobil  premium di tanah air,  kini relatif tumbuh. Tren pasarnya meningkat signifikan , diprediksi cenderung terus meningkat hingga beberapa tahun ke depan. Seperti  BMW dan Mini  masih terus tumbuh, angka penjualannya relatif kuat dibandingkan dua tahun ke belakang.

Menurut Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, ada peningkatan penjualan, walau tidak banyak. Market terus tumbuh, terbukti dari catatan Januari-Februari 2019 penjualan  meningkat 20%   dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

”Konsumen Mini Coper dianggap lebih stylish dan mementingkan lifestyle. Mereka memilih merek asal Inggris  bukan hanya membeli mobil, tapi membeli gaya hidup, jadi menurut saya orang yang mengerti lifestyle dia pasti beli Mini,” ungkap, Joe Surya, Presdir Maxindo Internasional Nusantara Indah , seraya menambahkan , walaupun enggak dikendarai, tapi dikoleksi, disimpan di garasi, setidaknya si pemiliki  punya sesuatu yang bisa dilihat  pagi dan sore hari.

Bandung diakui sebagai pasar potensial setelah Jakarta dan Surabaya untuk pasar otomotif segmen premium. Di kota ini, brand asal Inggris ini membuka Pop-up Store Mini perdana di Indonesia dalam peluncuran Mini 3-Door Black Edition di TSM Bandung, Selasa (5/3).

Mini bukan cuma merek kendaraan tapi juga ikon fashion. Seiring dengan penjualan mobil yang berkembang di Indonesia, bisnis aksesoris fashion juga bertumbuh. Pembeli aksesori itu bukan hanya pemilik mobil Mini tapi diminati juga oleh masyarakat berselera mode tinggi. Bandung ingin membidik pasar premium yang menginginkan kendaraan itu lebih ke arah lifestyle dan ikonik

Head of Mini Asia Kidd Yam mengatakan, Indonesia jadi key market di Asia dan merupakan market yang relatif  menjanjikan.

“Kita menilai Bandung memiliki kekhasan tersendiri. Kota ini sangat lekat dengan lifestyle. Seri Mini 3-Door Black Edition ini dijual hanya sebanyak enam unit se-Indonesia. Mobil ini ditujukan untuk para kolektor. Bandung itu unik karena banyak kolektor kendaraan premium berada di kota ini,” jelasnya. (E-002)***