22 Warga Digigit Anjing, Petugas  Gencarkan Vaksinasi

33

Bidang kesehatan hewan dinas peternakan dan perikanan kabupaten bandung barat, secara gencar memvaksinasi rabies terhadap hewan piaraan, terutama anjing. pasalnya, selama februari ini, tercatat dua puluh dua orang digigit anjing yang diduga terjangkit virus rabies.

Inilah video yang diambil petugas bidang kesehatan hewan, dinas peternakan dan perikanan kabupaten bandung barat, saat blusukan untuk memvaksinasi rabies terhadap anjing- anjing liar di pelosok pelosok desa. tidak hanya anjing, petugas pun memvaksinasi hewan-hewan bertaring lainnya, seperti monyet dan kucing.

Vaksinasi dilakukan, lantaran selama februari ini, tercatat dua puluh dua warga kabupaten bandung barat terkena gigitan anjing, yang dikhawatirkan terinfeksi virus rabies. warga tersebut berasal dari lima kecamatan, diantaranya sindangkerta, cililin, dan cipatat.

Menurut kepala dinas peternakan dan perikanan kabupaten bandung barat, undang husni tamrin, berdasarkan hasil uji lab fapet, anjing-anjing  yang telah menggigit tersebut negatif rabies. namun, pihaknya masih memburu satu anjing liar yang diduga terinfeksi rabies, meski ada kemungkinan telah mati, lantaran anjing yang terinfeksi rabies tidak akan bertahan hingga lima hari.

Undang menambahkan, warga sebaiknya mengenali gejala gejala rabies yang menyerang hewan kesayangannya, diantaranya banyak mengeluarkan air liur, phobia cahaya  atau takut terhadap cahaya, phobia hidro atau takut terhadap air, hyper aktif, serta lebih galak.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya mengimbau agar warga yang memiliki hewan bertaring khususnya anjing, sesegera mungkin memvaksinasi dan mengikat hewan peliharaannya, jika diperlukan.

Algi muhammad gifari, bandungtv.