2 Terdakwa Kasus Kredit Bjb Syariah Terancam 20 Tahun Penjara

69

Dua terdakwa kasus penggelapan kredit bjb syariah sebesar lima ratus empat puluh delapan milyar rupiah, menjalani persidangan di pengadilan tipikor bandung. dalam sidang dengan agenda pembacaan dakwaan tersebut, terdakwa dinyatakan terbukti meminjam uang tanpa melalui prosedur, serta jaminan aset yang tidak sesuai. terdakwa dituntut hukuman dua puluh tahun penjara. namun, kedua terdakwa mengajukan eksepsi.

Dua terdakwa, andy winarto dan ali nuridin, menjalani persidangan dalam kasus penggelapan kredit bjb di pengadilan tipikor bandung. andy winanto merupakan dirut pt hastuka sarana karya, sedangkan ali nuridin mantan dirut bjb syariah jawa barat.

Dalam sidang dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum, kedua terdakwa terbukti telah melanggar undang-undang pidana dan perbankan. seharusnya, peminjaman uang di atas 25 milyar melalui persetujuan bank indonesia. selain itu, beberapa syarat lainnya dilanggar untuk memuluskan peminjaman.

Kredit yang diajukan terdakwa, yaitu pada 2014, untuk pembangunan 161 kios di proyek garut super blok tanpa agunan. kredit diberikan secara bertahap selama tiga kali pencairan hingga oktober 2015. namun, setelah 5 ratus milyar kredit tersebut macet, terdakwa mengagunkan jaminan tanah ke bank lain.

Keduanya didakwa undang-undang pidana tentang penggelapan, serta undang-undang tindak pidana korupsi dengan hukuman 20 tahun penjara, denda dua ratus juta rupiah, dan subsider enam bulan penjara. kedua terdakwa pun mengajukan eksepsi.

Kasus pengemplang kredit bank jawa barat syariah menyeret dua petinggi bank yaitu terdakwa ali nuridin dan yocie gusman yang menjabat sebagai plt pimpinan bjb syariah. sebelumnya, kasus ini ditangani tipikor mabes polri, yang berhasil menangkap terdakwa andy winarto. sidang akan kembali digelar senin pekan depan, dengan agenda eksepsi.

Yuwana kurniawan, bandung tv.