Pura Tertua Di Jawa Barat Bersolek Jelang Puncak Nyepi

54

Jelang hari raya nyepi seribu sembilan ratus empat puluh satu tahun saka, yang jatuh kamis ini, sejumlah umat hindu di pura agung wira loka nata, kota cimahi, sibuk membuat berbagai persiapan, untuk ritual melasti sebelum catur brata. dalam prosesi ibadah melasti, umat hindu di kota cimahi secara khusus akan menyisipkan doa bersama , untuk mewujudkan pileg dan pilres 2019 yang  aman dan damai.

Sejumlah umat hindu di pura agung wira loka nata, kota cimahi, tengah membersihkan pura dan mempersiapkan sarana dan prasarana jelang puncak perayaan nyepi 1941 tahun saka, yang jatuh kamis ini. puncak nyepi atau catur brata terlebih dulu diawali ibadah melasti, atau penyucian diri yang akan dilaksanakan rabu malam.

Untuk mempersiapkan rangkaian ibadah tersebut, sejumlah kaum laki-laki umat hindu mulai mempercantik dan membersihkan lokasi pura tertua di jawa barat ini. selain itu, halaman pura juga telah siap dipasangi tenda, guna mengantisipasi jika turun hujan saat ibadah melasti.

Sedangkan kaum perempuannya membuat sesajen dan gunungan, sebagai salah satu media dalam peribadatan melasti.

Pengurus pura wiraloka nata kota cimahi, i nengah sukarta mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana, guna menyambut puncak nyepi atau biasa disebut penyiapan banten. dalam ibadah melasti, pihaknya secara khusus akan berdoa, demi terwujudnya pileg dan pilres yang damai dan aman.

Puncak perayaan nyepi diawali dengan ibadah melasti, rabu malam, di pura yang sudah berumur 40 tahun lebih ini. tidak hanya didominasi warga kota cimahi, ibadah melasti juga akan dihadiri ribuan warga kota bandung maupun kabupaten bandung barat.

Algi muhammad gifari, bandung tv.