Cegah Lemot, Ini Cara Memaksimalkan RAM Ponsel Anda

104

SEMAKIN lama dipakai, kinerja ponsel mungkin akan semakin lambat. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya Random Access Memory (RAM) yang merupakan tempat ponsel Anda menyimpan data-data saat digunakan.

Misalnya, saat Anda mengedit foto, foto dan aplikasi yang Anda gunakan untuk mengeditnya ada dalam RAM perangkat. Ketika Anda selesai mengedit, foto disimpan ke penyimpanan perangkat Anda sehingga tidak dapat hilang.

Sehingga, semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat membuka lebih banyak tab browser, lebih banyak aplikasi yang berjalan, atau lebih banyak fitur sistem melakukan tugasnya.

Kali ini BB akan memberikan beberapa tips tentang cara memaksimalkan RAM ponsel di Android agar lebih efisien, seperti dilansir dari laman Android Pit, Senin (4/3/2019).

Salah satu di antara beberapa cara memaksimalkan RAM ponsel ialah membatasi widget dan wallpaper hidup, di mana keduanya cukup menyita penggunaan RAM.

Ini juga dapat menyebabkan baterai Anda terkuras lebih cepat. Jadi ingat untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup yang berlaku untuk mengoptimalkan memori Anda saat ini.

Kemudian, tutup atau hapus instalan aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan di Pengaturan> Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul Memori, Anda dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir.

Dari sana Anda dapat berhenti paksa aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka pendek, atau cukup uninstall jika Anda merasa itu tidak layak digunakan nanti.

(C-003/ahl)***