Cara Memperbaiki Speedometer Yang Mati

76

Spedometer dijadikan patokan bagi kita untuk mengetahui kecepatan kendaraan. Tapi tak jarang  speedometer motor  tidak berfungsi (biasanya analog) atau error karena tidak akurat.

Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Untuk memperbaiki masalah speedometer yang mati ini, kita perlu mengganti bagian yang mengalami kerusakan. Sehingga langkah pertama deteksi mana area yang mengalami kerusakan.

Mulailah untuk mengecek bagian termudah, seperti melakukan pemeriksaan main fuse. Ini dilakukan jika motor anda sudah mengusung sistem digital. Untuk memeriksa sekering , hanya perlu membuka cover samping pada area baterai motor, coba lihat semua sekering dan lihat sambungan kawatnya apa terputus atau tidak.

Jika sekering oke, lanjut ke bagian axle roda. Pemeriksaan selanjutnya  mengecek kondisi roda gigi pada gearbox. Buka penutup roda gigi yang terletak disebelah kiri roda depan. Setiap motor memiliki jenis pengunci yang berbeda, untuk itu sebelum melakukan pelepasan analisa bagaimana mekanisme cover ini bisa terlepas.

Jika sudah terlepas, anda bisa langsung cek dua kondisi. Kondisi pertama, sambungan antara kawat dengan roda gigi yang kedua kondisi mata gigi dari roda gigi tersebut. Jika salah satu kondisi diatas ditemui,  anda perlu mengganti seunit kawat beserta roda giginya.

Tapi, jika kedua kondisi diatas tidak ditemui , masalah ada pada komponen speedometer didalam panel dashboard motor perlu diganti komponen tersebut.

 (E-002)***