Curug Hordeng Diadopsi Dari Bahasa Sunda

81

Wilayah Bogor dikenal sebagai gudangnya area wisata alam , dimaklumi karena topografi Bogor yang dikelilingi oleh pegunungan. Mengenai wisata alam di Bogor,tentu saja kita tidak bisa melupakan kawasan Puncak.

Dikawasan ini begitu  aneka ragam obyek wisata alam yang bisa kita pilih untuk dijelajahi dengan tampilan alam yang menakjubkan. Salah satu di antaranya adalah Curug Hordeng di Cibeureum Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.Aksebilitas menuju lokasi dari pusat Kota Bogor cukup mudah,selain bisa mengunakan kendaraan pribadi, juga menggunakan angkutan umum yang trayeknya ke lokasi curug .

            Setiap pengunjung dikenakan retribusi Rp 17.500 ,  parkir kendaraan bermotor Rp 5.000. Menuju ke lokasi curug, dari tempat parkir   kita harus trekking menyusuri jalanan setapak terlebih dahulu.Mayoritas pemandangan yang kita dapat adalah hamparan persawahan serta  hutan.Trekking untuk mencapai lokasi lebih kurang 30 menit dengan berjalan kaki .Tips bagi para pengunjung harus menggunakan alas kaki yang nyaman karena karakteristik jalanan berupa tanah dan bebatuan serta tanjakan, walau tidak begitu curam.Pemandangan perbukitan  cukup memanjakan mata , hingga energi yang terkuras seakan terobati oleh cantiknya pemandangan yang bisa kita lihat.

            Penamaan (curug) Hordeng bukanlah tanpa alasan. Warga setempat menuturkan penamaan ini erat kaitannya dengan topografi curug yang lebar mirip dengan tirai.Dalam bahasa Sunda tirai disebut dengan Hordeng. Dibawah kucuran air terjun terdapat beberapa kolam alami berupa cerukan-cerukan. Di kolam ini para pengunjung bisa berenang sepuasnya,debit air Curug Hordeng cukup besar. Jika pengunjung berdiri di bawah  tumpahan air curug akan merasakan sensasi seperti tengah dipijat- pijat. Spot – spot menarik di kawasan curug ini selalu menarik perhatian pengunjung untuk mengabadikannya lewat telepon gengggam atau lensa kamera.

            Fasilitas penunjang wisata di lokasi ini masih terbilang sederhana, tapi cukup bagus. Di obyek ini yang wajib diketahui oleh para pengunjung adalah keberadaan lokasi area camping ground untuk para pelancong yang ingin menghabiskan waktunya disini.Area camping ground yang dinamakan puncak masigit merupakan favorit para penikmat alam terbuka.Biasanya mereka datang di akhir pekan untuk menikmati hawa segar pegunungan sekaligus menikmati suasana matahari terbit dari punggung bukit bukit menghijau. (E-001) ***