Karang Taraje Benteng Alam; Penahan Gempuran Ombak Pantai Selatan

79

Salah satu tujuan wisata terkenal saat ini adalah Pantai Sawarna di wilayah Provinsi Banten. Untuk mencapai wilayah ini ada beberapa jalan alternatif di wilayah selatan Jawa Barat. Aksebilitas menuju lokasi cukup bagus, walau di beberapa lokasi ruas jalanan tidak  mulus.Bagi para pelancong  cenderung menggunakan jalur Jawa Barat selatan, melalui Pelabuan Ratu,Cisolok hingga Bayah , daerah terdekat dengan Sawarna yang memiliki pantai dengan panorama indah serta topografinya yang eksotik. Salah satu deretan di Pantai Sawarna dikenal dengan nama Pantai Karang Taraje .

            Jika di pantai lain yang Anda kunjungi memperlihatkan pemandangan ombak besar, pasir, dan horizon laut, di pantai ini Anda akan melihat pemandangan batuan karang yang di atasnya mengalir tumpahan air terjun. Keindahan alam  Pantai Karang Taraje  dapat dinikmati sepuasnya selama 24 jam. Memasuki kawasan ini, tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Anda hanya cukup membayar biaya parkir saja . Untuk motor dikenakan biaya parkir Rp 2.000 dan k mobil  Rp 5.000. Taraje dalam bahasa Sunda,  dalam bahasa Indonesia artinya tangga. Sebutan itu merujuk kepada susunan karang di pantai yang berundak-undak menyerupai tangga.  Sebagian besar area Pantai Karang Taraje berupa  karang -karang besar yang menjadi benteng alam yang kokoh penahan deburan ombak.

            Bersantai sambil melepas pandang jauh ke arah laut bebas dan  karang-karang yang gagah berdiri kokoh menahan terjangan ombak bersuara  menggelegar , hingga banyak pengunjung berlama-lama menikmati suasana ini. Bermain air di kolam disela-sela karang  menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dengan permukaan karang yang licin,  disarankan tidak mendekati ombak . Aktivitas lainnya adalah jalan-jalan menyusuri pantai yang sejuk dan tenang , sebuah aktivitas yang bisa menyegarkan  pikiran yang suntuk dan  penat. Pantai Sawarna  lingkungannya bersih. Dengan pasir putih yang menghampar menambah indahnya kawasan pantai. Bebatuan karang yang tersebar  menjadikan Pantai Karang Taraje  dipilih dan banyak dikunjungi sebagai lokasi wisata.

                Meskipun pantai ini terbilang sederhana, namun kenyamanan dan keunikan panoramanya menjadikannya banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara  yang datang. Selain itu dengan panorama alam yang cantik, Pantai Karang Taraje juga memiliki pesona sunset yang menakjubkan. Saat sore hari tiba, siapkan diri untuk melihat dan menatap langit jingga yang mempesona. (E-001) ***