Tebing Setinggi 50 Meter Longsor, Ancam Rumah Warga

32

Tebing setinggi 50 meter di desa ciheulang tonggoh, cibadak, kabupaten sukabumi, longsor, akibatnya persawahan dan kolam milik warga rusak tergerus longsor. tidak ada korban jiwa dalam longsor tersebut. namun, sejumlah rumah warga yang berada diatasnya ikut terancam.

longsor yang terjadi di kampung cimanggu desa ciheulang tonggoh, cibadak, kabupaten sukabumi. merusak area persawahan dan irigasi yang mengaliri area persawahan milik warga, luas longsor mencapai 600 meter, dan tingginya 50 meter. akibatnya sejumlah lahan persawahan terancam gagal panen karena terbawa material longsor, dan warga pun terancam kekurangan air bersih. selain itu, sejumlah rumah warga yang berada di atasnya ikut terancam terbawa longsor.

salah seorang warga mengaku khawatir dan takut terjadi dampak longsor susulan, apabila pemerintah belum melakukan perbaikan di lokasi longsoran, pasalnya, rumahnya dengan lokasi longsor hanya berjarak beberapa meter.

Sementara itu kepala desa ciheulang tonggoh mengatakan, longsor iti akibat tersendatnya saluran air yang berada di atasnya, sehingga tidak sanggup menahan resapan air. namun pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, untuk segera melakukan perbaikan, karena mengancam sejumlah rumah yang berada diatasnya.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap terjadinya longsor susulan. hingga saat ini belum ada penanganan pemerintah kabupaten sukabumi.

 

Budi setiawan, bandung tv.