Bawaslu kab. Bandung lakukan investigasi wna yang masuk dpt

42

Sempat dikabarkan warga negara asing atau wna, masuk dalam dpt pemilu 2019 di kabupaten bandung. menanggapi hal tersebut badan pengawas pemilu bawaslu kabupaten bandung, akan melakukan penyelidikan atau investigasi terhada empat wna tersebut.

Badan pengawas pemilu atau bawaslu kabupaten bandung menerima daftar temuan 4 warga negara asing yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap atau dpt. dua orang di antaranya ditemukan berdasarkan data dari kpu kabupaten bandung, dan dua orang wna lainnya hasil dari temuan bawaslu jawa barat yang memberikan rekomendasi.

Atas temuan tersebut pihak bawaslu kabupatrn bandung akan menelusuri dan melakukan investigasi kepada empat wna yang masuk dalam dpt pemilu 2019, pileg dan pilpres. ketua bawaslu kabupaten bandung januar sholehudin, mengatakan, kemungkinan wna tersebut sudah masuk ke dalam naturalisasi warga yang berdomisili tetap.

Selain itu, pihak bawaslu kabupaten bandung sudah melakukan koordinasi dengan dinas kependudukan dan oencatatan sipil kabupaten bandung, untuk mencocokan data yang direkomendasikan kpu kabupaten bandung dan bawaslu jabar.

Untuk mencegah bertambahnya wna yang masuk kedalam dpt, bawaslu kabupaten bandung akan melakukan investigasi lanjutan, serta mendatangi rumah keempat wna yang masuk kedalam dpt pemilu 2019 pileg dan pilpres tersebut.